KEBERHASILAN KULTUR JARINGAN KACANG TANAH DENGAN ALTERNATIF CARA STERILISASI DAN RUANG KULTUR UNTUK PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM KULTUR JARINGAN DI SMA/MA

KODIRIN, NIM. 10680017 (2015) KEBERHASILAN KULTUR JARINGAN KACANG TANAH DENGAN ALTERNATIF CARA STERILISASI DAN RUANG KULTUR UNTUK PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM KULTUR JARINGAN DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERHASILAN KULTUR JARINGAN KACANG TANAH DENGAN ALTERNATIF CARA STERILISASI DAN RUANG KULTUR UNTUK PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM KULTUR JARINGAN DI SMA/MA)
10680017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KEBERHASILAN KULTUR JARINGAN KACANG TANAH DENGAN ALTERNATIF CARA STERILISASI DAN RUANG KULTUR UNTUK PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM KULTUR JARINGAN DI SMA/MA)
10680017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kualitas buku petunjuk praktikum teknik kultur jaringan tumbuhan dengan alat dan bahan alternatif untuk SMA kelas XI sebagai bahan ajar pada pokok bahasan teori totipotensi sel. Penelitian diawali dengan menguji keberhasilan kultur jaringan kacang tanah menggunakan cara sterilisasi eksplan dan ruang kultur alternatif pada suhu 29-30o. Hasil uji digunakan untuk mengembangkan buku pedoman praktikum dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dari Dick dan Carry yang dibatasi sampai tahap Development. Instrumen pengumpulan data berupa angket penilaian kualitas produk berbentuk checklist menggunakan skala likert yang diadaptasi dari BSNP (2014) dan Mustofa (2014). Kualitas produk dinilai oleh satu orang ahli materi dan bahasa, satu orang ahli media, enam orang peer reviewer, dan enam orang guru biologi SMA kelas XI. Data kualitas produk yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif kemudian ditabulasi dengan mencari persentase keidealannya dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penilaian produk menunjukkan bahwa kualitas buku petunjuk praktikum yang dikembangkan masuk dalam kategori baik (B) menurut ahli materi dan bahasa dengan peresentase keidealan 81,67%; ahli media 82,50%; peer reviewer 83,33%; dan sangat baik (SB) menurut guru biologi kelas XI SMA dengan keidealan 85,05%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: petunjuk praktikum, kultur jaringan, alat dan bahan alternatif, totipotensi, ADDIE, kualitas.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Jul 2015 14:33
Last Modified: 30 Jul 2015 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum