PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI CEREBELLLUM PADA BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA DUMÉRIL & BIBRON, 1837), KADAL (EUTROPIS MULTIFASCIATA KHUL, 1820) DAN KLARAP (DRACO VOLANS LINNAEUS, 1758)

WAHIDA AMALINA, NIM. 10640009 (2015) PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI CEREBELLLUM PADA BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA DUMÉRIL & BIBRON, 1837), KADAL (EUTROPIS MULTIFASCIATA KHUL, 1820) DAN KLARAP (DRACO VOLANS LINNAEUS, 1758). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI CEREBELLLUM PADA BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA DUMÉRIL & BIBRON, 1837), KADAL (EUTROPIS MULTIFASCIATA KHUL, 1820) DAN KLARAP (DRACO VOLANS LINNAEUS, 1758))
10640009_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI CEREBELLLUM PADA BUNGLON JAWA (BRONCHOCELA JUBATA DUMÉRIL & BIBRON, 1837), KADAL (EUTROPIS MULTIFASCIATA KHUL, 1820) DAN KLARAP (DRACO VOLANS LINNAEUS, 1758))
10640009_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap hewan mempunyai perilaku pergerakan berbeda sesuai habitat dan struktur tubuhnya. Anggota Subordo Lacertilia yang hidup di aboreal melakukan gerakan untuk mencari makan ataupun menghindar dari predator dengan cara melilitkan ekor di batang pohon (contoh: Bronchocela jubata) atau gerakan meluncur dengan bantuan pelebaran kulit di lateral tubuh (contoh: Draco volans) dan Eutropis multifasciata yang hidup di tanah melakukan gerakan menghindari predator dengan melakukan autotomi ekor. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari struktur Cerebellum pada 3 anggota Subordo Lacertilia yang memiliki habitat dan perilaku pergerakan yang berbeda. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap struktur makroanatomi otak dan struktur histologi Cerebellum. Pembuatan preparat makroanatomi otak dengan membuka cranium sedangkan preparat histologi Cerebellum menggunakan metode paraffin dengan pewarnaan Hematoxylin-Eosin. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Bronchocela jubata yang ukuran tubuhnya paling besar diantara kedua hewan lainnya membutuhkan otak dan cerebellum berukuran paling besar. Struktur histologi Cerebellum tersusun oleh lapisan molekular, lapisan granular dan lapisan sel Purkinje. Draco volans memiliki jumlah sel Purkinje lebih banyak serta rasio cerebellum terhadap otak lebih besar, hal tersebut sangat membantu Draco volans karena untuk meluncur spesies ini membutuhkan keseimbangan yang lebih besar dibanding kedua hewan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Jafar Luthfi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anatomi Cerebellum, Bronchocela jubata, Draco volans, Ekomorfologi, Eutropis multifasciata,.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Jul 2015 14:19
Last Modified: 31 Jul 2015 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum