PERAN IMM FISHUM DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

MUHAMMAD HAMDAN MITARWAN, NIM. 07720030 (2015) PERAN IMM FISHUM DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN IMM FISHUM DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
07720030_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN IMM FISHUM DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
07720030_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Organisasi merupakan tempat berlatih berinteraksi sosial yang mana memiliki peran strategis bagi mahasiswa mengingat perannya sebagai Agent of Change dalam pembangunan. IMM Fishum sebagai organisasi kemahasiswaan merupakan wadah yang cukup efektif bagi mahasiswa dalam memfasilitasi terjadinya interaksi sosial, disamping sebagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat serta bakat tertentu dan karena mempunyai visi misi sebagai media komunikasi antar mahasiswa, penumbuh sikap kritis, pembawa aspirasi mahasiswa dan sebagai media yang semua itu erat kaitannya dengan interaksi sosial. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana peran IMM Fishum dalam membangun interaksi sosial mahasiswa? 2) kegiatan apa saja yang dilakukan IMM Fishum untuk melatih mahasiswa dalam berinteraksi sosial? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran IMM Fishum dalam melatih mahasiswa berinteraksi sosial dan untuk mengetahui kegiatan di dalamnya yang untuk melatih berkomunikai sosial. Disamping itu, penyusun juga menggunakan kerangka teori yaitu teori struktural fungsional untuk melihat penelitian ini melalui sudut pandang sosiologis mengenai pola interaksi sosial yang meliputi aktifitas sosial mahasiswa IMM Fishum. Sedang penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa IMM Fishum, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan yang dilaksanakan IMM Fishum dapat memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk saling berinteraksi sosial. IMM Fishum sangat berperan penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan interaksi sosial yaitu sebagai motivator, mediator dan fasilitator. IMM Fishum juga menjadi wadah atau tempat bagi para mahasiswa untuk bisa saling berinteraksi, bekerja sama dan dapat menyelesaikan permasalahannya secara bijak demi kemajuan IMM Fishum maupun bagi mahasiswa sendiri yang mana nantinya akan berguna dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Zainal Arifin, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Peran, Interaksi Sosial
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Jul 2015 16:03
Last Modified: 31 Jul 2015 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum