PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

ROFIQOH KHOIRUNNISA, NIM. 11220019 (2015) PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11220019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
11220019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ROFIQOH KHOIRUNNISA. Pengembangan Spiritualitas sebagai Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Pentingnya kedisiplinan dalam dunia pendidikan sangat menentukan kualitas pendidikan di sekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan siswa adalah melalui pengembangan spiritualitas. SMA Negeri 5 Yogyakarta merupakan sekolah umum yang berbasis afektif yang unggul dalam pendidikan agama Islam yang mempunyai tujuan menciptakan manusia yang memiliki citra moral, citra kecendekiawan, citra kemandirian, dan berwawasan lingkungan berdasarkan atas ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa telah menerapkan pengembangan spiritualitas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan melalui pengembangan spiritualitas siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang kemudian di rangkum dan dicari makna dan diuraikan yang berbentuk narasi kemudian disimpulkan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan melalui pengembangan spiritualitas siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta adalah:1) Upaya pencegahan (preventif) dan pengembangan (development) melalui, a).Pagi simpati untuk mendisiplinkan pakaian atau kerapian siswa, b) do’a bersama untuk mendisiplinkan waktu dan belajar siswa, c) tadarus Alqur’an, menghafal Alqur’an, dan Khatam Alqur’an untuk mendisiplinkan pribadi siswa dalam bersikap, d) shalat duha dan shalat dzuhur untuk mendisiplinkan waktu. 2) Upaya perbaikan atau pengobatan (Kuratif) melalui punishment pada kegiatan keagamaan untuk meningkatkan semua bentuk kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Pengembangan Spiritualitas, Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan,
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 09:27
Last Modified: 03 Aug 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum