PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERPERILAKU AGRESIF ( STUDI KASUS 2 ANAK DI TK MINGGIRAN YOGYAKARTA)

RATIH TEJA MURTI, NIM. 11220104 (2015) PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERPERILAKU AGRESIF ( STUDI KASUS 2 ANAK DI TK MINGGIRAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERPERILAKU AGRESIF ( STUDI KASUS 2 ANAK DI TK MINGGIRAN YOGYAKARTA))
11220104_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERPERILAKU AGRESIF ( STUDI KASUS 2 ANAK DI TK MINGGIRAN YOGYAKARTA))
11220104_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)

Abstract

RATIH TEJA MURTI, “Peran Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berperilaku Agresif “ ( Studi Kasus 2 Anak Di TK Minggiran Yogyakarta). Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkah laku anak yang bertujuan untuk menyakiti orang lain secara fisik. Peran pendidik dalam hal ini guru kelas diharapkan mampu menjadi pembimbing dan pendidik anak, termasuk menangani sifat agresif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku agresif 2 anak di TK Minggiran Yogyakarta, dan untuk mengetahui peran guru kelas dalam menangani anak berperilaku agresif di TK Minggiran Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini yaitu dua anak agresif di kelas A ( 0 kecil). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku agresif Bias, yaitu: 1) memukul, 2) mendorong, 3) melempar benda keras, 4) menjewer ,5) mencubit. Bentuk perilaku agresif Radit, yaitu: 1) memukul, 2) menendang, 3) mendorong, 4) menindih. Kesimpulan mengenai Peran Guru Kelas dalam menangani anak berperilaku agresif di TK Minggiran Yogyakarta yaitu, terdiri dari 4 peran. Adapun 4 peran tersebut yaitu: 1) Peran Guru sebagai korektor, 2) Peran guru sebagai inspirator, 3) Peran guru sebagai organisator, 4) Peran guru sebagai motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Key Words: Peran Guru Kelas, Menangani Anak Berperilaku Agresif, TK Minggiran Yogyakarta
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 14:34
Last Modified: 03 Aug 2015 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16607

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum