BIMBINGAN MENCAPAI KEPRIBADIAN SEHAT BAGI ANAK PANTI ASUHAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN NURUL HAQ, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)

MUHAMMAD MUKHLIS, NIM. 11220126 (2015) BIMBINGAN MENCAPAI KEPRIBADIAN SEHAT BAGI ANAK PANTI ASUHAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN NURUL HAQ, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN MENCAPAI KEPRIBADIAN SEHAT BAGI ANAK PANTI ASUHAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN NURUL HAQ, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
11220126_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN MENCAPAI KEPRIBADIAN SEHAT BAGI ANAK PANTI ASUHAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN NURUL HAQ, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA))
11220126_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Muhammad Mukhlis, Bimbingan Mencapai Kepribadiaan Sehat Bagi Anak Panti Asuhan (Studi Kasus Panti Asuhan Nurul Haq, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta ), Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran Panti Asuhan dalam menangani anak asuhnya yang dari masa kanak-kanaknya mereka selalu kekurangan kasih sayang dari orang tua dan perhatian dari orang tuanya. Sehingga dari perkembangan masa tersebut anak yatim seakan tidak bisa mengontrol bagaimana cara bergaul yang baik dan benar. Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kepribadian sehat serta berbagai layanan bimbingan yang diberikan oleh pembimbing maupun peksos dalam menangani keadaan fisik, mental dan sosial anak Panti Asuhan Nurul Haq, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 pekerja sosial, 1 pembimbing dan lima anak tingkat sekolah dasar. Obyek dalam penelitian ini adalah terkait materi dan metode pelaksanaan bimbingan mencapai kepribadian sehat bagi anak di Panti Asuhan Nurul Haq, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang proses pelaksanaan bimbingan kepribadian yang dilakukan di Panti Asuhan Nurul Haq dalam membantu anak menuju kepribadian yang sehat. Hasil dari penelitian ini bahwa materi dan meode bimbingan yang digunakan untuk membimbing mencapai kepribadian sehat di Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta yaitu akhlak, shalat, dan mengaji. Sedangkan metode yang digunakan di Panti Asuhan Nurul Haq Yokyakarta yaitu konseling kelompok, konseling invidu, CDS (Children Diskation Season), konseling kesebayaan dan pengawasan. Metode ini adalah salah satu solusi yang diberikan kepada anak-anak asuh yang mempunyai berbagai macam masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurjannah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bimbingan Kepribadian Sehat, Panti Asuhan Nurul Haq
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 14:38
Last Modified: 03 Aug 2015 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum