PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA DI SMAN I MOGA PEMALANG

MELINA SUKMAWATI, NIM. 11220127 (2015) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA DI SMAN I MOGA PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA DI SMAN I MOGA PEMALANG)
11220127_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA DI SMAN I MOGA PEMALANG)
11220127_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)

Abstract

MELINA SUKMAWATI NIM 11220127. “Peran Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Menyontek Pada Siswa di SMA Negeri 1 Moga Pemalang”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.2015 Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya tindakan menyontek yang dilakukan oleh siswa yang belum bisa diatasi secara maksimal. Banyak fakta yang menunjukan bahwa tindakan menyontek sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa banyak siswa yang menyontek, bentuk-bentuk perilaku menyontek dan peranan guru BK secara umum dalam mengatasi tindakan menyontek yang dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 1 Moga Pemalang. Subjek dari penelitian ini adalah enam siswa kelas XI dan guru BK. Objek penelitian ini adalah alasan mengapa siswa menyontek,bentuk-bentuk perilaku menyontek dan bagaimana peran guru dalam mengatasinya. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif J.Meleong dengan cara menganalisis data menggunakan cara reduksi data, deskripsi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan siswa menyontek adalah karena berambisi memperoleh nilai yang tinggi tetapi malas belajar, kurangnya rasa percaya diri, mudah ikut-ikutan teman, dan adanya kesempatan. Bentuk-bentuk perilaku menyontek yang dilakukan siswa adalah mencontek dengan cara manual yaitu membawa catatan kecil (repekan), membuka buku catatan, membuka lembar kerja siswa, berbagi jawaban menggunakan isyarat bahasa tubuh, dan menggunakan handphone atau smartphone dengan memanfaatkan aplikasi seperti blackberry massanger dan whatsapp. Peran guru BK dalam mengatasi perilaku menyontek di SMA Negeri 1 Moga Pemalang yaitu guru BK mengaplikasikan sesuai dengan tugas dan fungsi dari guru BK yaitu sebagai informator, organisator, motivator, inisiator dan mediator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Moch. Nur Ichwan, MA.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Peran Guru BK, Mengatasi Perilaku Menyontek
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Aug 2015 14:40
Last Modified: 03 Aug 2015 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum