PENYAMPAIAN PESAN AKHLAK MELALUI PERTUNJUKAN WAYANG KANCIL DALAM PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI (STUDI TERHADAP LAKON KANCIL NYOLONG TIMUN OLEH KI LEDJAR SOEBROTO)

PUPUT INAWATI SEJATI, NIM. 11210095 (2015) PENYAMPAIAN PESAN AKHLAK MELALUI PERTUNJUKAN WAYANG KANCIL DALAM PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI (STUDI TERHADAP LAKON KANCIL NYOLONG TIMUN OLEH KI LEDJAR SOEBROTO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYAMPAIAN PESAN AKHLAK MELALUI PERTUNJUKAN WAYANG KANCIL DALAM PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI (STUDI TERHADAP LAKON KANCIL NYOLONG TIMUN OLEH KI LEDJAR SOEBROTO))
11210095_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENYAMPAIAN PESAN AKHLAK MELALUI PERTUNJUKAN WAYANG KANCIL DALAM PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI (STUDI TERHADAP LAKON KANCIL NYOLONG TIMUN OLEH KI LEDJAR SOEBROTO))
11210095_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Puput Inawati Sejati: 11210095. Skripsi: Penyampaian Pesan Akhlak Melalui Pertunjukan Wayang Kancil Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi (Studi Terhadap Lakon Kancil Nyolong Timun oleh Ki Ledjar Soebroto). Wayang kancil merupakan suatu jenis wayang kulit, dimana lakon utamanya menggunakan hewan Kancil dan hewan-hewan lainnya yang mempunyai sifat berbeda-beda yang digagas oleh Ki Ledjar Soebroto. Wayang kancil dengan cerita “Kancil Nyolong Timun” mempunyai simbol atau makna dalam setiap pagelarannya yang berkaitan dengan budi pekerti atau akhlak, seperti akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama makhluk, dan akhlak terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi bentuk komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan akhlak melalui pementasan cerita Kancil Nyolong Timun pada seni Wayang Kancil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah data yang diperoleh dari pertunjukan wayang Kancil Nyolong Timun dan dari wawancara langsung dengan Ki Ledjar Soebroto (dalang wayang kancil). Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis semiotik yang berpijak pada teori yang dikemukakan oleh Roland Barthes tentang sistem pertandaan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya bentuk komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan akhlak melalui pementasan cerita Kancil Nyolong Timun adalah 1) Komunikasi verbal pada penyampaian akhlak kepada Allah SWT tidak ditemukan adanya Komunikasi verbal, pada penyampaian akhlak kepada sesama makhluk adalah berbicara dalam bentuk komunikasi aktif dan komunikasi verbal pada pada penyampaian akhlak kepada lingkungan adalah berbicara dalam bentuk komunikasi aktif antara Pak Tani dan petani lain. 2) Komunikasi non-verbal pada penyampaian Akhlak kepada Allah SWT digambarkan melalui gunungan wayang kancil ditunjukkan daya tarik fisik yang ditunjukkan melalui fisik gunungan dengan bentuk segi lima dan memiliki gambar pohon dan binatang. Komunikasi non-verbal pada penyampaian akhlak kepada sesama makhluk adalah gerak isyarat melalui figur kancil dan Pak Tani melalui gerakan tangan Pak Tani. Komunikasi non-verbal pada penyampaian akhlak kepada lingkungan adalah gerak isyarat yang ditunjukkan kancil ketika memakan ketimun warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khadiq, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pesan, Akhlak, Wayang Kancil, Ilmu Komunikasi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2015 08:36
Last Modified: 05 Aug 2015 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum