METODE PEMBELAJARAN KITAB AS-SARFU TEGALREJO DALAM KETERAMPILAN PEMBENTUKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IMRITHI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

MAHFUDDIN, NIM: 08420053 (2015) METODE PEMBELAJARAN KITAB AS-SARFU TEGALREJO DALAM KETERAMPILAN PEMBENTUKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IMRITHI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (METODE PEMBELAJARAN KITAB AS-SARFU TEGALREJO DALAM KETERAMPILAN PEMBENTUKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IMRITHI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN KITAB AS-SARFU TEGALREJO DALAM KETERAMPILAN PEMBENTUKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IMRITHI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kitab as-sarfu Tegalrejo berikut dengan metode pembelajarannya di kelas Imrithi Pondok Pesanten Al-Luqmaniyyah serta pengajaran pembentukan kosakata bahasa Arab menggunakan kitab as-sarfu Tegalrejo. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berbentuk deskriptis analitis kualitatif dan hasilnya diuraikan dengan kata-kata yang bersifat naratif menurut kategori untuk kemudian diambil kesimpulan. Objek penelitian ini adalah santri kelas Imrithi pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif – analitik, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran kitab as-sarfu Tegalrejo di kelas Imrithi pondok pesantren Al-Luqmaniyyah sesuai dengan konsep pembelajaran. Guru melakukan persiapan sebelum menyampaikan materi pelajaran. Adapun penyampaian materi menggunakan metode pembelajaran qiyasiyyah dan metode istiqraiyyah. Sedangkan dalam mengevaluasi, guru memberi tugas kepada santri untuk menerjemahkan kitab ta’limu al-mutaallim yang dibagi dalam sejumlah kelompok. Adapun pengajaran pembentukan kosakata bahasa Arab menggunakan kitab as-sarfu Tegalrejo, meliputi pembentukan kata dengan cara tasrif, afiksasi, an-nahtu dan ilhaq. Adapun pembentukan kata dengan cara iqtirad tidak disebutkan keterangannya dalam kitab as-sarfu Tegalrejo. Kata kunci: Metode, Pembelajaran, Kitab as-sarfu Tegalrejo, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksuddin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Kitab as-sarfu Tegalrejo, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Aug 2015 09:00
Last Modified: 06 Aug 2015 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum