EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA DALAM PEBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014-2015

AKBAR KURNIAWAN, NIM 11420018 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA DALAM PEBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA DALAM PEBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA DALAM PEBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI WATES 1 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis kata dalam bahasa Arab dengan menerapkan pembelajaran imla’ dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar menulis kata bahasa Arab siswa kelas XI IPS 1 MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, penerapan pembelajaran imla’ dalam pembelajaran menulis bahasa Arab dimulai dengan guru mengucapkan kata di depan kelas kemudian siswa menuliskan apa yang disampaikan oleh guru tersebut di buku tulis ataupun di lembar yang telah disediakan guru. Dari kegiatan ini siswa dilatih untuk cermat dan fokus dalam memperhatikan kata yang diucapkan dan berlatih mengingat huruf-huruf yang akan ditulisnya. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat melalui nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen (kelas XI IPS 1) sebesar 74,30 dan untuk kelas kontrol (kelas XI IPS 2) sebesar 45,70. Dari paparan di atas dapat dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menerapkan pembelajaran imla’ terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar menulis kata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta. Kata kunci: Eksperimen, Pembelajaran Imla’, Menulis, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Asrori Saud, M.Si
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Pembelajaran Imla’, Menulis, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 07:59
Last Modified: 07 Aug 2015 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum