PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2014-2015

FATIH RIZQI WIBOWO, NIM 11420030 (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 DI MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran bahasa Arab dengan kurikulum 2013, serta hal-hal apa saja yang menjadi problem dan upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dan madrasah di MAN 2 Wates. Penelitian ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab serta meningkatkan keberhasilan proses belajar bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan mengambil objek di MAN 2 Wates. Adapun tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala urusan Kurikulum, Guru bahasa Arab, dan Siswa kelas X. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik non statistik sejak awal penelitian dan selama proses dilaksanakan sampai kepada kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Wates terlaksana dengan konsep saintifik berupa observasi (mengamati), menanya, mengeksperimentasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan (kurikulum 2013). Sedangkan metode pengajaran guru berupa diskusi, ceramah, cooperative learning (2) problematika pembelajaran bahasa Arab yang terjadi adalah problem perencanaan, problem pendahuluan, problem kegiatan inti, problem media pembelajaran, problem SDM (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problem diatas yaitu guru harus belajar sebelum mengajar, lebih memahami perbedaan peserta didik, mengadakan pelatihan untuk guru oleh MGMP, kelompok belajar dan boarding untuk menunjang bahasa Arab, memotivasi peserta didik bahwa bahasa itu penting, dan mengupayakan untuk kelengkapan fasilitas. Kata Kunci : Problematika Penerapan, Kurikulum 2013, Bahasa Arab, Kelas X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika Penerapan, Kurikulum 2013, Bahasa Arab, Kelas X
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 09:27
Last Modified: 07 Aug 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum