PEMBELAJARAN AL KALAM MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTS AL-AMIN PULOERANG CIAMIS ) TAHUN AJARAN 2014/ 2015

ANISATUL AZIZAH, NIM 11420019 (2015) PEMBELAJARAN AL KALAM MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTS AL-AMIN PULOERANG CIAMIS ) TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AL KALAM MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTS AL-AMIN PULOERANG CIAMIS ) TAHUN AJARAN 2014/ 2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AL KALAM MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTS AL-AMIN PULOERANG CIAMIS ) TAHUN AJARAN 2014/ 2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Alkalam menggunakan metode Group to Group dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Alkalam menggunakan metode Group to Group dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Amin Puloerang Ciamis sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode interview (wawancara), observasi, dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pembelajaran Al-Kalam menggunakan metode Group to Group dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas, dengan kegiatan praktik langsung, memecahkan masalah dalam kelompok, mempresentasikan hasil belajar dalam kelompok kepada kelompok yang lain, dan membuat dialog dalam kelompok menggunakan bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan dalam penelitian ini ada peningkatan keterampilan siswa, antusiasme dan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran, kemudian timbulnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang dipelajari dan kemauan untuk bertanya dan menjawab. Kedua Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai perubahan rata-rata nilai pretest ke posttest pada masing-masing kelompok. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 64.45 dan nilai posttest 75.24 sedanggkan kelas kontrol sebesar 65.25 dan nilai posttest sebesar 70.14 dapat dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pretest ke posttest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Alkalam menggunaan metode Group to Group dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar Alkalam siswa kelas VII di MTs Al-Amin Puloerang Ciamis. Kata kuci : pembelajaran Al-Kalam,metode Group to Group dan pendekatan CTL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Al-Kalam,metode Group to Group dan pendekatan CTL
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 09:55
Last Modified: 07 Aug 2015 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum