PERANAN DIVISI KALIGRAFI UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH AL-MIZAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAṬ

ETIK RAHMAWATI, NIM 11420004 (2015) PERANAN DIVISI KALIGRAFI UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH AL-MIZAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAṬ. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN DIVISI KALIGRAFI UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH AL-MIZAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAṬ)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN DIVISI KALIGRAFI UNIT KEGIATAN MAHASISWA JAM’IYYAH AL-QURRA’ WA AL-HUFFAZH AL-MIZAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAṬ)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini melihat tujuan secara umum pembelajaran bahasa Arab adalah pada empat kemahiran yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Akan tetapi pendidikan di perguruan tinggi masih mengesampingkan salah satu keterampilan yaitu tahsinul khaṭ. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyah al-Qurra’ wa al-Huffazh (JQH) al-Mizan memiliki peran dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran. Namun, masih kurangnya antusias mahasiswa dalam memanfaatkan wadah tersebut menjadi salah satu masalah. Peneliti tertarik untuk membahas pelaksanaan pembelajaran khaṭ di divisi Kaligrafi UKM JQH al-Mizan tersebut dan bagaimana peranan divisi dalam pembelajaran khaṭ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian UKM JQH al-Mizan yang bertempat di UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan denga reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan menggunakan deskripsi analitis. Subyek penelitian terdiri dari anggota, pengajar kaligrafi, pengurus dan anggota lama yang dapat memberikan informasi terkait penelitian dengan pertimbangan mereka adalah orang-orang yang banyak mengetahui gerak dan kegiatan divisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran yang dilakukan tidak menyimpang dari komponen pembelajaran secara umum. Materi terdiri dari qawā’id al-khaṭ, kaligrafi lukis dan teori mushaf. (2) Peranan divisi Kaligrafi dalam pembelajaran khaṭ sebagai (a) Mediator, yaitu sebagai wadah untuk belajar dan mengembangkan ketrampilan kaligrafi (khaṭ ‘arabiy). (b) Motivator, divisi Kaligrafi memiliki lingkungan pendukung dan pengajar yang handal sehingga memberikan motivasi dan inspirasi sendiri bagi anggota. (c) Fasilitator, yakni memberikan fasilitas belajar yang terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan baik sumber, guru, tempat, maupun bahan dan sebagainya. (3) Faktor penghambatnya adalah kemampuan anggota yang berbeda, alokasi waktu, tempat, cuaca, dan jadwal akademik. Faktor pendukungnya fasilitas kampus, guru yang telaten dan kompeten, relasi yang banyak, dan pengurus yang memiliki semangat dan kemauan untuk memfasilitasi anggota. Kata kunci: Peranan, Divisi Kaligrafi, Pembelajaran Khaṭ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Asrori Saud, M.SI
Uncontrolled Keywords: Peranan, Divisi Kaligrafi, Pembelajaran Khaṭ.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 10:43
Last Modified: 07 Aug 2015 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum