FATIMAH AZZAHRA, NIM 11420118 (2015) UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP)
BAB II, III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (762kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh para siswa lulusan SMP dalam pembelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan, dengan tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa lulusan SMP dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan Cilacap, (2) mengungkapkan upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi siswa lulusan SMP ketika mengikuti pelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan Cilacap, (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh siswa lulusan SMP dalam mengatasi kendala yang dihadapinya ketika mengikuti pelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan Cilacap. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) Kendala yang di hadapi siswa didasarkan pada faktor internal berupa bakat, minat, kemauan dan latar belakang siswa, juga faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah serta sarana dan prasaran pembelajaran bahasa Arab yang kurang memadai, (2) Upaya yang dilakukan oleh guru dengan menambah jam pelajaran bahasa Arab, menyempurnakan laboratorium bahasa Arab, memberikan motivasi akan pentingya bahasa Arab, dan bekerjasama dengan para asatidz pondok untuk memberikan perhatian lebih kepada siswa lulusan SMP, (3) Upaya yang dilakukan siswa adalah dengan menumbuhkan minat, bakat dan kemauan untuk memahami bahasa Arab, terus berlatih istima’, qiraah, kitabah dan muhaddatsah Arobiyyah, memiliki target untuk menghafalkan mufaradat bahasa Arab. Kata kunci : pembelajaran, upaya, kendala
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Abdul Munip, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, upaya, kendala |
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 07 Aug 2015 11:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2015 11:10 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16678 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |