UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP

FATIMAH AZZAHRA, NIM 11420118 (2015) UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA LULUSAN SMP DI MADRASAH ‘ALIYAH AL ISLAMIYAH NAHDATUTTULAB KESUGIHAN CILACAP)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh para siswa lulusan SMP dalam pembelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan, dengan tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa lulusan SMP dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan Cilacap, (2) mengungkapkan upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi siswa lulusan SMP ketika mengikuti pelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan Cilacap, (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh siswa lulusan SMP dalam mengatasi kendala yang dihadapinya ketika mengikuti pelajaran bahasa Arab di MA MINAT Kesugihan Cilacap. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) Kendala yang di hadapi siswa didasarkan pada faktor internal berupa bakat, minat, kemauan dan latar belakang siswa, juga faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah serta sarana dan prasaran pembelajaran bahasa Arab yang kurang memadai, (2) Upaya yang dilakukan oleh guru dengan menambah jam pelajaran bahasa Arab, menyempurnakan laboratorium bahasa Arab, memberikan motivasi akan pentingya bahasa Arab, dan bekerjasama dengan para asatidz pondok untuk memberikan perhatian lebih kepada siswa lulusan SMP, (3) Upaya yang dilakukan siswa adalah dengan menumbuhkan minat, bakat dan kemauan untuk memahami bahasa Arab, terus berlatih istima’, qiraah, kitabah dan muhaddatsah Arobiyyah, memiliki target untuk menghafalkan mufaradat bahasa Arab. Kata kunci : pembelajaran, upaya, kendala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, upaya, kendala
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 11:10
Last Modified: 07 Aug 2015 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum