UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA ( AL-KALAM ) MELALUI MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

LAELINA CAHYANI, NIM 11420017 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA ( AL-KALAM ) MELALUI MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA ( AL-KALAM ) MELALUI MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA ( AL-KALAM ) MELALUI MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media film dalam pembelajaran bahasa Arab serta ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan media film) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan media film), untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa melalui hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan tes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji kekuatan instrumen, menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus Kolmogrof-Smirnof. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Proses pembelajaran dimulai dengan persiapan media film yaitu menyiapkan alat-alat seperti LCD, Laptop, dan Sound. Pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan. Siswa memperhatikan film dan mengikuti pembelajaran dengan mencatat materi dan kosa-kata baru yang didapatkan. Sebelum pembelajaran berakhir siswa dan guru membahas bersama materi dan kosa kata untuk membantu persiapan posttest siswa. 2. Adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, dan juga terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil analisis data kelompok kontrol memiliki skor rata-rata pretest sebesar 34,38 dan posttest sebesar 41,42 dengan peningkatan sebesar 6,042. Sedangkan kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest sebesar 32,9 dan posttest 55,08 dengan peningkatan sebesar 22,160. Dengan ini dapat dibuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media film dapat meningkatkan kemahiran berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Kata Kunci: Kemahiran Berbicara, Media Film, Proses Bembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Jafar Shodiq, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kemahiran Berbicara, Media Film, Proses Bembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 13:01
Last Modified: 07 Aug 2015 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum