PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH

MAS’ADAH, NIM 11420006 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan penerapan pendekatan saintific learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X di tingkat Madrasah Aliyah untuk para guru pengampu dan siswa. Dalam penelitian ini pendekatan saintifik menjadi prioritas, disebabkan adanya pergeseran kebijakan pemerintah terkait dengan persiapan pemberlakuan kurikulum 2013 atau kurikulum nasional. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian research and development (R&D) yang melakukan pengembangan desain model pembelajaran bahasa Arab dari buku ajar yang telah ada. Adapun lokasi penelitian dalam skripsi ini hanya terbatas di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta sebagai satusatunya lokasi penelitian dikarenakan adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan : 1) tersusunnya Buku model pembelajaran bahasa Arab tingkat Madrasah Aliyah yang menggunakan pendekatan saintific learning yang mudah dipahami. 2) Hasil ujicoba untuk tingkat keberterimaan dari adanya buku model pembelajaran bahasa Arab ini sangat positif, disebabkan adanya perubahan cara penyampaian materi di kelas, proses pembelajaran yang dinamis, dan adanya real date dalam proses pembelajaran. 3) Adanya beberapa revisi dari para ahli yang menjadikan buku model pembelajaran bahasa Arab tingkat Madrasah Aliyah bertambah sempurna dan memenuhi standar kualitas buku yang baik. Kata kunci : Pengembangan, model pembelajaran, saintific learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, model pembelajaran, saintific learning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 13:23
Last Modified: 07 Aug 2015 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum