ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL QIRĀ’AH SISWA KELAS XI AGAMA MAN MAJENANG CILACAP TAHUN AJARAN 2014/2015

MOHAMMAD IRFAN ZIDNI, NIM 11420007 (2015) ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL QIRĀ’AH SISWA KELAS XI AGAMA MAN MAJENANG CILACAP TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL QIRĀ’AH SISWA KELAS XI AGAMA MAN MAJENANG CILACAP TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL QIRĀ’AH SISWA KELAS XI AGAMA MAN MAJENANG CILACAP TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Mahārah al qirā’ah yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI Agama dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi pembelajaran serta upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut baik dari pihak guru bahasa Arab itu sendiri maupun pihak madrasah, seehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berpikir induktif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan naturalistik yaitu pendekatan yang menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian yang dilakukan memang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, serta lebih menekankan pada deskripsinya secara alami. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran Mahārah al qirā’ah kelas XI Agama lebih menitik beratkan pada pemahaman terhadap makna kata, bukan pemahaman terhadap analisis kandungan yang ada di dalam materi pembelajaran. (2) kesulitan yang dialami siswa meliputi dua segi kebahasaan yaitu segi linguistik dan segi non-linguistik. Dari segi linguistik meliputi (a) semantik, yaitu kesulitan siswa dalam memahami makna/arti suatu kata bahasa Arab, (b) morfologi, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan bentuk suatu kata, seperti kesulitan siswa dalam menentukan fi’il māḍi, fi’il muḍāri’, fi’il amr, dan lain sebagainya. (c) sintaksis, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan kedudukan suatu kata bahasa Arab dalam sebuah kalimat, seperti dalam menentukan fi’il, fā’il, al maf’ūl bih, mubtadā’- khobar dan lain sebagainnya. Dari segi non linguistik meliputi (a) siswa, karena latar belakang pendidikan siswa yang beragam, dan kurangnya motivasi, (b) guru, karena kurang efektif dalam mengelola waktu belajar, kurang mampu menguasai kelas, dan kurang efektif dalam menggunakan media. (c) materi pembelajaran, karena tidak disajikannya kosakata-kosakata yang dapat membantu siswa, dan isi materinya kurang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Adapun upaya yang dilakukan baik oleh pihak guru maupu madrasah di antaranya yaitu, (a) membuat kamus bahasa Arab khusus kelas Program Keagamaan, (b) diadakannya pembelajaran diluar kelas, (c) melatih siswa memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa Arab, (d) menambah jumlah guru bahasa Arab yang memiliki basic pendidikan bahasa Arab, (e) dicanangkannya hari bahasa yang salah satunya adalah hari bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifuddin,MA
Uncontrolled Keywords: Analisis,Maharah al qira'ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 13:35
Last Modified: 07 Aug 2015 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum