IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI BUKU AJAR BAHASA ARAB QUR’ANI DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA

NOER HASANATUL HAFSHANIYAH, NIM 11420093 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI BUKU AJAR BAHASA ARAB QUR’ANI DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI BUKU AJAR BAHASA ARAB QUR’ANI DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI BUKU AJAR BAHASA ARAB QUR’ANI DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 26 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta beserta implementasinya, untuk mengetahui isi buku Bahasa Arab Qur’ani dalam ditinjauan prosedur dalam desain pengajaran bahasa, dan mengetahui alasan kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta menggunakan Bahasa Arab Qur’ani sebagai buku ajar pada mata pelajaran Bahasa Arab. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru mata pelajaran Bahasa Arab serta kepala sekolah. Sedangkan analisis datanya menggunakan model interaktif. Berdasarkan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa tujuan digunakannya buku ajar Bahasa Arab Qur’ani untuk mata pelajaran Bahasa Arab adalah agar siswa mampu memahami al-Qur’an lewat penguasaan gramatika Bahasa Arab atau qawa’id serta mampu menerjemahkan al-Qur’an dan menghafalnya. Prinsip-prinsip proses pembelajaran yang baik sebagaimana tercantum dalam panduan observasi, sebagian besar telah terlaksana dalam pembelajaran Bahasa Arab Qur’ani di kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta. Namun tujuan pembelajaran yang hanya menekankan pada penguasaan qowa’id dan pemahaman terhadap al-Qur’an, siswa yang cukup atraktif, mayoritas siswa yang belum mampu membaca dan menulis Arab dengan baik dan benar serta adanya beberapa siswa yang tidak melaksanakan tugas dari guru telah menjadi kendala tersendiri dalam pembelajaran. Namun demikian, guru mata pelajaran Bahasa Arab telah melakukan beberapa upaya solutif. Ditinjau dari 4 prosedur desain pembelajaran bahasa Arab, isi buku Bahasa Arab Qur’ani hanya memenuhi prinsip seleksi. Namun dalam prinsip gradasi terdapat dua hal yang tidak terpenuhi. Demikian pula dalam prinsip presentasi. Sedangkan dalam prinsip repetisi, buku ajar Bahasa Arab Qur’ani menggunakan latihan-latihan saja tanpa disertai adanya rangkuman materi. Adapun alasan kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta menggunakan buku Bahasa Arab Qur’ani sebagai buku ajar pada mata pelajaran Bahasa Arab adalah karena hal itu merupakan ketentuan dari pihak Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Azhar Jakarta pusat. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Buku Ajar, Buku Bahasa Arab Qur’ani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H.Ahmad Rodli M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Buku Ajar, Buku Bahasa Arab Qur’ani
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 14:40
Last Modified: 07 Aug 2015 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum