PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN WONOKROMO, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AAJARAN 2014/2015

NOLA ROZA, NIM 10420021 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN WONOKROMO, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN WONOKROMO, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AAJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTsN WONOKROMO, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AAJARAN 2014/2015)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan pendidikan siswa kelas VIII MTsN Wonokromo, minat belajar bahasa Arab Siswa, bagaimana pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat belajar siswa, dan lingkungan pendidikan apa yang paling berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel siswa kelas VIII MTsN Wonokromo, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 terdiri dari 6 kelas dan keseluruhan siswa berjumlah 185 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment dan Regresi Linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan siswa kelas VIII MTsN Wonokromo, Bantul, Yogyakarta berada pada kategori sedang dengan persentase 49.47 %, dan minat belajar bahasa Arab siswa pada kategori sedang dengan persentase 53.69 %. Hasil analisis korelasi Product Moment terhadap lingkungan pendidikan dan minat belajar bahasa Arab menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0.650 dan signifikansi 0.000 yang kurang dari 0.05. Sedangkan koefisien korelasi antara ketiga aspek lingkungan pendidikan yakni lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dengan minat belajar bahasa Arab masing-masing ialah 0.420, 0.332, dan 0.598. Ini berarti bahwa ada korelasi yang signifikan antara lingkungan pendidikan siswa kelas VIII MTsN Wonokromo, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 dengan minat belajar bahasa Arab mereka, dan aspek yang paling erat hubungannya dengan minat adalah aspek lingkungan masyarakat. Sedangkan dari hasil analisis Regresi terhadap lingkungan pendidikan dan minat belajar bahasa Arab dapat diketahui besarnya koefisiensi determinasi yaitu 0.423, lingkungan keluarga sebesar 0.117, lingkungan sekolah 0.110, dan lingkungan masyarakat 0.358. Hal ini mengandung pengertian bahwa Pengaruh Lingkungan Pendidikan terhadap minat belajar bahasa Arab adalah 42.3 %, dengan masing-masing aspek mempengaruhi minat belajar bahasa Arab sebesar 11.7 % oleh lingkungan keluarga, 11 % oleh lingkungan sekolah, dan 35.8 % oleh lingkungan masyarakat. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan yang paling berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab adalah lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Lingkungan Pendidikan, Minat Belajar Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja’far Shodiq, M.SI
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pendidikan, Minat Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 15:03
Last Modified: 07 Aug 2015 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum