RINGKASAN DISERTASI PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

NAZRI SYAKUR, NIM. 85047/S3 (2008) RINGKASAN DISERTASI PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RINGKASAN DISERTASI PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
NAZRI SYAKUR - NIM. 85047S3 PENDEKATAN KOMUNIKATIF.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Inti perrnasalahan pada disertasi ini rnuncul bennula dari diterapkannya pendekatan komunikatif sebagai satu-satunya pendekatan di dalam pembelajaran bahasa asing te:-r.1asuk bahasa Arab di Indonesia yang terbukti menghasilkan siswa-siswa yang lancar berbicara, tetapi sangat sering tidak akurat. Mengingat bahwa ketidakakuratan dalam ha! berbicara mengindikasikan ketidakakuratan di dalarn keterampilan yang lain, maka penulis mengajukan tesis bahwa pendekatan komunikatif ;ang dikenal sekarang tidak tepat untuk pembelajaran bahasa Arab, oleh karenanya perlu dikernbangkan. Discrtasi bcrjudul Pendekatan Komunikntif untuk Pembelajaran Bahasa Arab ini akan meneliti hal tersebut dengan menjawab rumusan masalah berikut: I) Psikologi belajar apa yang menjadi landasan pijak pendekatan komunikatif itu?; 2) Bagaimana pengembangan teori pendekatan komunikatif supaya sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab?; 3) Bagaimana pengembangan model pembelajaran bahasa Arab dcngan pendekatan komunikatif karnbiumi? Penelitian in: rnenggur.akan jenis penelitian perpustakaan dengan metode dokumentasi, metode pembabasan induktif, deduktif dan reflektif, scrta metode analisis dengan tiga tahap pengkole3n ala Strauss dan Corbin: terbuka, berporos dan pilihan. Hasilnya adalah pengembangan pendekatan komunikatif menjadi pendekatan komunikatif kambiumi dengan temuan dan modifikasi sebagai berikut: I. Pendekatan komunikatif cenderung berdasarkan kelompok teori belajar kognitivistik. 2. Pendekatan komunikatif kambiumi, sebagai hasil pengembangan, mcmpertahankan teori pendekatan komunikatif kecuali hal-hal yang dimodifikasi yang tercerrnin pada hal-hal di bawah ini: a. Berbasis kebutuhan dan pemotivasian. b. Kelancaran = ketepatan. c. Dari transaksional ke interaksional. d. Pembelajaran 82 tidak same dengan pembelajaran Bl. e. Tak berkonteks Berkonteks > !ak berkonteks. f. Berbasis mengalami dan pengalaman. g. Target pembelajaran adalah pengembangan kompetensi komunikatif sebatas kelayakan psiko-linguistik. Modifikasi di atas lebih lanjut berimplikasi pada penyiapan bahan ajar: (a) sc leksi: Fu~]Jii modem dan klasik sekaligus; (b) ~radasi: cenderung ke gramatikal; (c) penyajian: terpadu dengan qiri'nh jadi acuan; (d) dan pengulangan: bersifat tersebar. 3. Berdasarkan temuan-~emuan di atas oikembangkan suatu model pembelaj::ran bahasa Ar3b de11gan r.ama Modi;( K0!i::.m1k11tif Ka;nbiumi. Penelitian ini diharapkan dapat membenkan sumoangan sebagai 12.ngl.ah awal membenahi PBA di Indonesia khususnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Aug 2015 11:28
Last Modified: 10 Aug 2015 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16731

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum