PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAIPENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERAN ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA KELAS XISMK N 5 YOGYAKARTA

AFIDATUL UMROH, NIM: 11470037 (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAIPENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERAN ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA KELAS XISMK N 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11470037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11470037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keragaman dalam menghadapi kemajemukan baik etnis, ras, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan agama yang menjadi realita dalam kehidupan. Penelitian ini menarik untuk dikaji karena melihat banyak sekali tantangan bagi remaja khususnya sikap dalam menanggapi keberagaman dalam menghadapi kemajemukan dalam kehidupan di sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sikap toleran antar umat beragama siswa kelas XI SMK N 5 Yogyakarta melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui sikap toleran antar umat beragama melalui peran guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam, selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi tersebut kemudian bagaimana implikasinya terhadap sikap toleran antar umat beragama siswa khususnya kelas XI SMK N 5 Yogyakarta. Dengan mengambil subjek guru PAI kelas XI SMK N 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dilakukan melalui: 1. Materi pelajaran, 2. Metode pembelajaran, 3. Proses pembelajaran, 4. Media pembelajaran. Dalam realita proses internalisasi tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung: guru PAI yang selalu terbuka dan memberikan pendampingan disetiap proses pembelajaran dan kegiatan di lingkungan sekolah, siswa terbuka terhadap keragaman dan latar belakang siswa yang hiterogen, adanya kerja sama masyarakat dalam kegiatan sekolah, kebijakan sekolah yang menuntut semua guru untuk menciptakan sikap toleran siswa. Faktor penghambat, kurangnya komunikasi antar siswa yang berbeda jurusan dan kurangnya motivasi siswa, kurangnya partisipasi masyarakat dalam pengembangan sekolah, kebijakan sekolah dalam input siswa. Hasilnya terhadap sikap toleran dari guru PAI menanamkan, mendampingi, mencontohkan dari nilai-nilai pendidikan Islam, dalam kehidupan sosial siswa saling terbuka terhadap keragaman sehingga sikap toleran yang muncul adalah menghormati dan menghargai, santun, harmonis, demokratis. Adapun kebijakan sekolah yang menghimbau kepada semua warga sekolah untuk menerapkan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), dan adanya kegiatan yang mendukung bagi penanaman sikap toleran siswa yaitu OSIS, Upacara, Pramuka dan BAKSOS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Sikap Toleran.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Aug 2015 13:10
Last Modified: 10 Aug 2015 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum