KONTEKSTUALISASI FILSAFAT DAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN (STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI)

MOH. ROGIB, NIM. 98.3.103 (2009) KONTEKSTUALISASI FILSAFAT DAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN (STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTEKSTUALISASI FILSAFAT DAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN (STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI))
MOH. ROGIB - NIM. 98.3.103 KONTEKSTUALISASI FILSAFAT.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kekalahan beruntun secara sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang dihadapi masyarakat Muslim dan juga terjadinya global warming telah menyadarkan setiap individu bahwa telah terjadi disharmoni antara Tuhan, manusia, dan alam. Setiap problem sosial yang terjadi telah diupayakan penyelesaiannya, tetapi problem seperti kekerasan, konflik antar etnis, dan bencana alam belum juga tuntas. Berbagai pihak kcmudian melirik filsafat dan budaya profetik dan kaitannya dengan local wisdom. Ahmad Tohari, budayawan desa dan produktif yang sebagian karyakaryanya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing, menawarkan problem solving yang tertuang dalam karya-karya sastra (fiksi). Penelitian ini menjawab pertanyaan: pertama, bagaimana konsep filsafat dan budaya profetik dalam pendidikan?; kedua, bagaimana kontekstualisasinya dalam pendidikan?; ketiga, bagaimana nilai-nilai filsafat dan budaya profetik dalam pendidikan tersebut terkontekstualisasikan dalam karya-karya Tohari?; dan keempat, bagaimana implikasi pendidikan profetik?. Penelitian ini merupakan penelitian fil safat (pendidikan) dengan pendckatan henneneutik dan pendekatan strukturalisme genetik dengan analisis intertekstual untuk penelitian karya sastra Tohari. Dari studi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa; perta111a, filsafat profetik merupakan pemikiran reflektif-spekulatif sampai pada pembuktian empirik untuk menemukan kebenaran normatif dan faktual-aplikatif yang memiliki daya sebagai penggerak umat sehingga terbentuk komunitas ideal (khaint 11111111ah). Budaya profetik adalah pengorganisasian profetik antar individu dan membentuknya menjadi satu kelompok dalam rangka mempertahankan eksistensi manusia di dalam lingkungan hidupnya sesuai dengan tradisi sosial profetik yang memiliki pilar transendensi (taui}ld') humanisasi (amar ma'riil) dan liberasi (nahi munkar); kedua, Kontekstualisasinya dalam pendidikan bahwa tujuan pendidikan bersifat sosial-kolektif, materi pembelajarannya memuat nilai kctuhanan yang terintegrasi dengan berbagai ilmu dan responsif terhadap budaya loka l, metode dan strategi pembelajarannya menggembirakan sekaligus mendisiplinkan (basyiran wa naZlran), setiap individu dapat menjadi pendidik sekaligus peserta didik dalam waktu dan tempat yang sama, evaluasinya diukur dari kualitas tradisi profetiknya, lembaga pendidikannya memadukan ilmu-ilmu sain, teknologi, sosialhumaniora, dan seni; ketiga, Konsep filsafat dan budaya profetik yang terdapat dalam karya-karya Ahmad Tohari memiliki bentuk yang khas yaitu perpaduan antara tradisi pesantren dan Jawa dengan nilai humanisasi dan liberasi yang kuat sehingga terus berusaha untuk menuju Tuhan dan kemajuan; keempat, Implikasi pendidikan profetik ini adalah pendidikan yang dikelola berdasar tradisi profetik akan selalu proaktif dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS), aplikatif, apresiatif terhadap local wisdom, dan kreatif untuk membangun kehidupan peserta didik dengan semangat sosial yang baik. Pendidikan profetik dikembangkan berdasarkan spirit tauhid di atas, memunculkan tradisi edukatif yang integratif mencakup IPTEKS, merespon local wisdom, gemar membaca, senang berdiskusi, berkontemplasi, dan rneneliti dengan mengembangkan ketersediaan perpustakaan umum.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Aug 2015 14:41
Last Modified: 10 Aug 2015 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum