USLUB AL TASHBIYYAH FI ABYAT ASHARIH MA'NA AL MAJID AL MAKTUBAH FI DIWAN IBN ZAYDUN LI YUSUF FARHAT (DIRASAH TAHLILIYYAH BAYANIYYA

ULFA NUR HALIMAH, NIM. 09110051 (2015) USLUB AL TASHBIYYAH FI ABYAT ASHARIH MA'NA AL MAJID AL MAKTUBAH FI DIWAN IBN ZAYDUN LI YUSUF FARHAT (DIRASAH TAHLILIYYAH BAYANIYYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USLUB AL TASHBIYYAH FI ABYAT ASHARIH MA'NA AL MAJID AL MAKTUBAH FI DIWAN IBN ZAYDUN LI YUSUF FARHAT (DIRASAH TAHLILIYYAH BAYANIYYA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (USLUB AL TASHBIYYAH FI ABYAT ASHARIH MA'NA AL MAJID AL MAKTUBAH FI DIWAN IBN ZAYDUN LI YUSUF FARHAT (DIRASAH TAHLILIYYAH BAYANIYYA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Uslubu at-Tasybih fi Abyati “Asyarih Ma’na al- Majdi” al-Maktubah fi Diwan Ibn Zaidun Li Yusuf Farhat (Dirasah Tahliliyyah Bayaniyyah) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi banyak ditemukan sebuah contoh kalimat bermodus tasybih dengan susunan gaya bahasa yang menarik. Kemudian peneliti tertarik untuk meneliti bait-bait “Asyarih Ma’na al-Majdi” dengan tiga rumusan pertanyaan, pertama, bait-bait apa yang menggunakan uslub tasybih dalam syair “Asyarih Ma’na al-Majdi” dalam diwan ibn zaidun ?; Kedua, apa macam-macam uslub tasybih dalam syair “Asyarih Ma’na al-Majdi” dalam diwan ibn zaidun? ; dan ketiga, apa tujuan uslub tasybih dalam syair “Asyarih Ma’na al-Majdi” dalam diwan ibn zaidun? Teori yang peneliti gunakan adalah teori balaghah yang terfokus pada ilmu bayan karena teori ini mampu mendeskripsikan macam-macam gaya bahasa (uslub) untuk mengungkapkan berbagai pemikiran dan perasaan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan bahan-bahan atau sumber-sumber referensi yang didapat dari perpustakaan. Adapun analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan disajikan dengan metode deskriptif analisis, sehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian. Hasil penelusuran data primer terdapat 25 bait yang mengandung uslub tasybih. diantaranya: 1. Macam tasybih menurut kelengkapan perangkat: •Tasybih mursal mufassol jumlahnya ada 2 bait •Tasybih mursal mujmal jumlahnya ada 12 bait •Tasybih mu’akkad mujmal atau tasybih balig jumlahnya ada 11 bait 2. Macam tasybih menurut wajh tasybih •Tasybih tamsil atau tasybih murakkab jumlahnya ada 22 bait •Tasybih gairu tamsil atau tasybih basit jumlahnya ada 3 bait 3. Macam tasybih menurut bilangan musabbah dan musabbah bih: •Tasybih mafruq jumlahnya ada 24 bait •Tasybih jama’ jumlahnya ada 1 bait 4. Macam tasybih menurut metode penyusunan: •Tasybih Dimnii jumlahnya ada 12 bait •Tasybih maqlub jumlahnya ada 13 bait Sedangkan tujuan-tujuan penggunaan uslub tasybih dalam syair “Asyarih Ma’na al-Majdi” dalam diwan ibn zaidun yaitu : 1. Menjelaskan kemungkinan terjadinya sesuatu hal pada musabbah. 2. Menjelaskan keadaan musyabbah. 3. Menjelaskan kadar keadaan musabbah. 4. Menegaskan keadaan musabbah. 5. Memperindah musabbah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tasybih
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2015 08:48
Last Modified: 11 Aug 2015 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum