EFEKTIVITAS METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VIII SMP IT HIDAYAH KLATEN (STUDI EKSPERIMEN)

ULFARIDA MA’RIFATI IHSANA, NIM 11420008 (2015) EFEKTIVITAS METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VIII SMP IT HIDAYAH KLATEN (STUDI EKSPERIMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VIII SMP IT HIDAYAH KLATEN (STUDI EKSPERIMEN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VIII SMP IT HIDAYAH KLATEN (STUDI EKSPERIMEN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode community language learning di luar kelas dan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode tersebut pada siswa kelas VIII SMPIT Hidayah Klaten dengan pengambilan sample tidak secara acak, tetapi diambil secara keseluruhan yaitu dengan format non equivalent control group design. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab pada umumnya dan khususnya SMPIT Hidayah Klaten sebagai tempat dilakukannya penelitian. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuasi eksperimen karena populasi kurang dari 100 dan menggunakan analisis kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas VIII SMPIT Hidayah Klaten yang berjumlah 72. Kelas VIII A berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, eksperimem, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis tersebut dilakukan dengan uji validitas menggunakan rumus product moment, uji reabilitas menggunakan alpha cronbanch, uji normalitas menggunakan rumus kolmogorov-smirnorv, uji homogenitas menggunakan rumus one-way anova dan yang terakhir uji independent “T” test. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode community language learning dengan tahap-tahap seperti : embronic stage, self assertion stage, separated existence stage, reversal stage dan independent stage. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas eksperimen meningkat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre test dan post test. Nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat sebesar 14,4538 dengan rincian siswa yang tuntas ada 18 siswa dari 36 siswa atau meningkat sebesar 52,94%. Sedangkan, hasil penelitian yang didasarkan pada analisis statistik menunjukkan bahwa uji T nilai rata-rata post test kelompok eksperimen adalah 76,8067, sedangkan nilai rata-rata post test kelompok kontrol adalah 67,3109. Dari hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode community language learning) lebih meningkat daripada kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode community language learning). Hal ini menunjukan bahwa metode community language learning di luar kelas efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc, M.A.,
Uncontrolled Keywords: METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:13
Last Modified: 12 Aug 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum