OPTIMALISASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN ANAK DI POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERATAI INDAH PADUKUHAN DABAG CONDONG CATUR

ERA AMBARNINGSIH, NIM 11250093 (2015) OPTIMALISASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN ANAK DI POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERATAI INDAH PADUKUHAN DABAG CONDONG CATUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN ANAK DI POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERATAI INDAH PADUKUHAN DABAG CONDONG CATUR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN ANAK DI POS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERATAI INDAH PADUKUHAN DABAG CONDONG CATUR)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu hak anak yang harus diperoleh sejak usia dini pada masa keemasan (golden age). Lembaga yang membantu anak dalam mendapatkan pendidikan sejak usia dini adalah Pos PAUD. Pos PAUD merupakan salah satu lembaga yang memberikan pelayanan sosial di bidang pendidikan bagi anak usia dini. Pemberian pelayanan pendidikan yang baik dimaksudkan agar anak bisa memperoleh hak-haknya. Ketika hak-hak anak terpenuhi maka kesejahteraan anak akan tercapai. Hal ini merupakan salah satu tema yang cukup menarik dalam penelitian dari aspek pelayanan Pos PAUD dan kesejahteraan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan di Pos (PAUD) Pendidikan Anak Usia Dini Teratai Indah Padukuhan Dabag dalam mendorong kesejahteraan anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah para pengajar, orang tua, anak, dan tokoh masyarakat. Hasil pengumpulan data dideskripsikan, dibahas dan dianalisis dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai Mei 2015 di Pos (PAUD) Pendidikan Anak Usia Dini Teratai Indah Padukuhan Dabag. Temuan hasil penelitian menjelaskan bahwa pelayanan yang diberikan Pos PAUD Teratai Indah sudah mendorong upaya menuju pencapaian kesejahteraan anak di Padukuhan Dabag. Terbukti dengan adanya berbagai macam pelayanan di Pos PAUD mengenai pendidikan, kesehatan, agama, moral dan sosio emosional anak. Pos PAUD Teratai Indah menggunakan sistem pelayanan dengan menerapkan sistem kelembagaan yang memfokuskan pada penggunaan sumber daya yang relatif efektif dan efisien. Hambatan yang ada di Pos PAUD Teratai Indah yatiu kurang maksimalnya fasilitas bermain anak yang diberikan, sehingga masih perlu adanya peningkatan untuk penggunaan fasilitas. Manfaat Pos PAUD Teratai Indah bagi masyarakat Padukuhan Dabag salah satunya sebagai bentuk persiapan anak untuk memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi lagi. Memenuhi hak-hak anak di bidang pendidikan sehingga kesejahteraan anak dapat tercapai. Keyword: pelayanan, kesejahteraan anak, PAUD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Izzul Haq, S.Sos, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kesejahteraan anak, PAUD
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 11:49
Last Modified: 13 Aug 2015 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum