ANALISIS FUNGSI PERENCANAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015

IMAM JAZULI, NIM 11240080 (2015) ANALISIS FUNGSI PERENCANAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FUNGSI PERENCANAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FUNGSI PERENCANAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (715kB)

Abstract

T. Hani Handoko menyatakan “perencanaan diartikan sebagai proses dasar di mana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya”.1 Dari pernyataan diatas kita ketahui pentingnya manajemen dalam suatu organisasi, dan pentingnya fungsi perencanaan dalam keberhasilan manajemen. Salah satu tujuan Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Depok adalah terlaksananya kegiatan belajar mengajar, sehingga dengan melakukan analisis terhadap fungsi perencanaan pada Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Depok dapat kita ketahui peranan kepala madrasah, guru, karyawan dan komite madrasah di MI Al Huda Depok dalam proses menerapkan langkah-langkah fungsi perencanaan kegiatan belajar mengajar di MI Al Huda Depok. Penelitian yang telah dilakukan adalah bersifat deskriptif, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan data-data yang penyusun kumpulkan tentang analisis fungsi perencanaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Depok. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah proses perencanaan yang ada di MI Al Huda Depok telah dilakukan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat kekurangan terutama belum adanya identifikasi dahulu tentang berbagai permasalahan dan belum maksimalnya efektivitas rencana yang ada. Proses prakiraan untuk kedepan di gambarkan dengan memprioritaskan kurikulum, pengajaran dan guru. Proses penetapan tujuan mengacu pada Visi dan Misi MI Al Huda Depok sendiri. Proses penetapan kebijakan diambil atas dasar kebijaksanaan kepala sekolah, guru, staf, pengurus dewan sekolah/majelis madrasah atau komite sekolah. Namun untuk proses pengajaran, oleh kepala madrasah mempasrahkan sepenuhnya kepada guru. Penetapan program ditentukan dengan kesesuaian mutu dan penjaminan kualitas sekolah. Penetapan prosedur mengurutkan dari yang paling lebih dapat dilaksanakan sampai yang paling kurang bisa dilaksanakan. Penjadwalan ditentukan dengan menyusun jelas kapan waktu pelaksanaannya, dan siapa saja yang menjadi pelaksananya. Pembiayaan sepenuhnya mengalokasikan dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kata kunci: Fungsi Perencanaan, Kegiatan Belajar Mengajar, Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Depok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Fungsi Perencanaan, Kegiatan Belajar Mengajar, Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Depok
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:32
Last Modified: 13 Aug 2015 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum