STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN SKEMA MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU AMBARUKMO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER)

ITA ROSITA, NIM. 10240003 (2015) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN SKEMA MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU AMBARUKMO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN SKEMA MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU AMBARUKMO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN SKEMA MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU AMBARUKMO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (934kB)

Abstract

Aset bank syariah yang belum mencapai 5% dari aset perbankan nasional, dan masih banyak masyarakat yang belum terlalu faham dengan konsep syariah sedangkan potensi pasar bank syariah masih sangat terbuka luas. Melihat hal tersebut, BSM perlu meningkatkan strategi dalam marketing guna bertahan dalam persaingan yang semakin kompetitif. Selama 22 tahun BSM hadir di Indonesia, sedangkan Bank Konvensional telah hadir ratusan tahun. Oleh karena itu, BSM harus mempunyai strategi yang tepat agar produk yang ada di BSM mampu diterima oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di BSM KCP Ambarukmo Yogyakarta dengan tinjauan teori Michael Porter. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran suatu produk yang diterapkan oleh BSM KCP Ambarukmo Yogyakarta dengan tinjauan teori Michael Porter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Subjek penelitian yaitu Sub Branch Manager, Retail Banking Officer, Sales Assistant, Back Office, dan nasabah pengguna produk pembiayaan skema murabahah. Objek penelitian ini adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh BSM KCP Ambarukmo. Metode pengumpulan data terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini, BSM KCP Ambarukmo Yogyakarta telah menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan salah satu Strategi Tiga Generik yaitu differentiation. Kemudian menganalisis persaingan industry dengan tinjauan teori Michael Porter yaitu Five Foces Model yang meliputi persaingan dalam industri (industry competitors), pemasok (suppliers), pembeli (buyers), ancaman pendatang baru (potential entrants), dan ancaman produk pengganti (substitusi). Hal tersebut terbukti dengan produk pembiayaan skema murabahah yang ada di Bank Syariah tidak terdapat di Bank Konvensional dan harga yang ditawarkan yaitu angsuran tepat. Hal tersebut akan menarik minat masyarakat. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Michael Porter, Differentiation, BSM KCP Ambarukmo Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M.M.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Michael Porter, Differentiation, BSM KCP Ambarukmo Yogyakarta.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:35
Last Modified: 13 Aug 2015 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum