ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DI LAKSANA BARU SWALAYAN MAJENANG CILACAP JAWA TENGAH

NUR HIDAYAT, NIM. 11240056 (2015) ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DI LAKSANA BARU SWALAYAN MAJENANG CILACAP JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DI LAKSANA BARU SWALAYAN MAJENANG CILACAP JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DI LAKSANA BARU SWALAYAN MAJENANG CILACAP JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencapai keberhasilannya. Strategi perlu ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar, serta menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada pasar sasarannya. Dalam pembahasannya, penyusun menggunakan alat bantu analisis Daya Tarik Industri, Kekuatan Bisnis, EFAS dan IFAS, Matrik GE dan IE, serta Matrik SWOT. Sehingga bisa diketahui posisi perusahaan dan merumuskan strategi yang tepat untuk Laksana Baru Swalayan dalam menghadapi persaingan. Adapun metode penelitian yang penyusun lakukan, yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif, hal ini melihat banyaknya sumber yang harus diteliti di lapangan, dan memungkinkan oleh penyusun agar lebih menambah wawasan, serta pengalaman pada dunia bisnis ritel modern, khususnya di Laksana Baru Swalayan Majenang. Selain itu, penelitian ini mengacu pada konsep dan aplikasi sebuah perusahaan, di mana pada akhirnya akan menjadi rekomendasi Laksana Baru Swalayan dalam merealisasikannya menjadi sebuah ritel modern yang lebih maju dan berkembang. Dalam penelitian ini, penyusun berusaha mengintegrasikan setiap komponen satu dengan yang lain, dimulai dari meninjau hasil kinerja saat ini, menganalisis faktor internal dan eksternal, menyeleksi faktor-faktor strategi, menentukan bobot dan rating faktor summary dilakukan bersama-sama dengan pihak perusahaan yang dijadikan sebagai responden, menentukan posisi perusahaan saat ini dengan menggunakan Matrik GE dan IE, mengimplementasikan hasil tersebut dengan menggunakan Matrik SWOT. Sehingga pada akhirnya menghasilkan alternatif strategi yang lebih berkembang dan tidak mudah dikalahkan oleh pesaing. Berdasarkan hasil penelitian secara garis besar, bahwa pada saat ini perusahaan Laksana Baru Swalayan memiliki 6 daya tarik industri, 6 kekuatan bisnis, 7 kekuatan, 4 kelemahan, 6 peluang, 5 ancaman. Hasil faktor daya tarik industri 62,5, faktor kekuatan bisnis 62,5, internal strategi faktor summary diperoleh jumlah skor 2,915 dan eksternal strategi faktor summary diperoleh jumlah skor 2,895. Sedangkan posisi perusahaan pada Matrik GE saat ini berada pada sel V yaitu investasi pada pertumbuhan dan posisi perusahaan pada Matrik IE pada sel V yaitu growth konsentrasi melalui integrasi horizontal, terdiri dari strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Adapun hasil pemilihan alternatif strategi untuk Laksana Baru Swalayan diperoleh 5 strategi penetrasi pasar dan 4 strategi pengembangan produk. Setelah meyeleksi dan merekomendasikan alternatif strategi, proses pengambilan keputusan strategi menunjukan tidak adanya revisi atau merubah implementasi strategi, seperti program, anggaran, prosedur, dan kebijakan saat ini. *Kata Kunci: Strategi, Matrik, Laksana Baru Swalayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Matrik, Laksana Baru Swalayan.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:49
Last Modified: 13 Aug 2015 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum