PENERAPAN METODE CUTTING PLANE DALAM MENYELESAIKAN OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI PADA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SERUNI BERBAH

DHURIATTUN WASI’AH, NIM. 10610027 (2015) PENERAPAN METODE CUTTING PLANE DALAM MENYELESAIKAN OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI PADA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SERUNI BERBAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE CUTTING PLANE DALAM MENYELESAIKAN OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI PADA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SERUNI BERBAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE CUTTING PLANE DALAM MENYELESAIKAN OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI PADA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SERUNI BERBAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

KWT Seruni merupakan kelompok wanita tani yang menghasilkan berbagai olahan jenis makanan dan minuman dari limbah pohon pisang. Produksi yang dilakukan KWT Seruni berdasarkan ketersediaan bahan baku dan jumlah permintaan. Sejauh ini mereka belum memiliki gambaran yang tepat untuk memproduksi produk-produknya supaya optimal. Industri yang memproduksi lebih dari satu jenis produk harus melaksanakan perencanaan produksi untuk menentukan jumlah produk yang harus diproduksi sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah metode Cutting Plane. Metode Cutting Plane merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan Integer Programming. Secara umum Integer Programming adalah sebuah model matematis yang memungkinkan hasil penyelesaian kasus pada program linear yang berupa bilangan bulat. Persoalan program linear dapat diselesaikan dengan metode simpleks. Selanjutnya jika hasil tidak bulat maka dilakukan penambahan pembatas baru yang disebut Gomory. Batasan Gomory diberikan jika nilai dari variabel keputusan belum bulat (bernilai pecahan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan langkah kerja metode cutting plane serta mengetahui hasil optimal maksimasi pendapatan laba penjualan dan minimasi biaya produksi dari masing-masing jenis variabel produk KWT Seruni dengan menggunakan metode Cutting Plane. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai optimal maksimasi pendapatan laba sebesar Rp 750.840,00 sehingga terjadi peningkatan 4,8% dari pendapatan laba sebelumnya. Minimasi biaya produksi sebesar Rp 389.160,00 sehingga terjadi penurunan 19,5% dari pengeluaran biaya produksi sebelumnya dengan besar produksi masing-masing 24 gelas manisan bonggol pisang, 24 gelas manisan kulit pisang, 48 botol sirup daun pisang, dan 42 botol sirup bonggol pisang. Kata kunci : Metode Simpleks, Integer Programming, Metode Cutting Plane

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Abrori, S.Si.,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Metode Simpleks, Integer Programming, Metode Cutting Plane
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Aug 2015 13:02
Last Modified: 14 Aug 2015 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum