ANALISIS RISIKO INVESTASI METODE VALUE AT RISK (VAR) MODEL MIXTURE AUTOREGRESSIVE (MAR) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 01 JANUARI 2014 – 27 FEBRUARI 2015)

DURAHMAN, NIM. 11610027 (2015) ANALISIS RISIKO INVESTASI METODE VALUE AT RISK (VAR) MODEL MIXTURE AUTOREGRESSIVE (MAR) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 01 JANUARI 2014 – 27 FEBRUARI 2015). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RISIKO INVESTASI METODE VALUE AT RISK (VAR) MODEL MIXTURE AUTOREGRESSIVE (MAR) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 01 JANUARI 2014 – 27 FEBRUARI 2015))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RISIKO INVESTASI METODE VALUE AT RISK (VAR) MODEL MIXTURE AUTOREGRESSIVE (MAR) (STUDI KASUS : INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 01 JANUARI 2014 – 27 FEBRUARI 2015))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa mendatang. Bentuk investasi yang banyak diminati para investor di antaranya adalah saham. Untuk mengantisipasi terjadinya kerugian dalam berinvestasi saham, ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh investor, yaitu return dan risiko. Data return berbentuk data runtun waktu, sehingga dapat dianalisis menggunakan model runtun waktu. Akan tetapi, data return dari saham seringkali berdistribusi multimodal atau memiliki lebih dari satu distribusi dan seringkali data return saham memiliki pola nonlinier. Oleh karena itu, dikembangkan model yang mampu menangkap kedua permasalahan tersebut yaitu model Mixture Autoregressive (MAR). Selain return, yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi saham selanjutnya adalah risiko. Diperlukan model yang dapat mengestimasi nilai risiko dengan baik. Estimasi nilai risiko yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Value at Risk (VaR) dengan nilai volatilitas dicari menggunakan model MAR, sehingga analisis risiko investasi saham pada penelitian ini menggunakan model VaR-MAR. Sebagai studi kasus pada penelitian ini menggunakan data harga penutupan saham Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 01 Januari 2014 sampai dengan 27 Februari 2015. Perhitungan nilai risiko menggunakan model VaR-MAR (2;2,2) sehingga diperoleh nilai estimasi kerugian pada nilai investasi awal sebesar Rp 100.000.000,00 dengan investasi satu hari pada saham JII adalah sebesar Rp 2.147.839,75. Kata Kunci: Investasi, Saham, Return, Multimodal, Nonlinier, MAR, Risiko, VaR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Investasi, Saham, Return, Multimodal, Nonlinier, MAR, Risiko, VaR.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Aug 2015 13:17
Last Modified: 14 Aug 2015 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum