INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI DUSUN SUMBERWATU, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGEMBANGKAN KERUKUNAN BERAGAMA

AHLAN MUZAKIR, NIM.10540014 (2015) INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI DUSUN SUMBERWATU, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGEMBANGKAN KERUKUNAN BERAGAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI DUSUN SUMBERWATU, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGEMBANGKAN KERUKUNAN BERAGAMA)
10540014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ISLAM DAN HINDU DI DUSUN SUMBERWATU, DESA SAMBIREJO, KECAMATAN PRAMBANAN, KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGEMBANGKAN KERUKUNAN BERAGAMA)
10540014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Dusun Sumberwatu adalah masyarakat Jawa asli yang terdapat keragaman yaitu dari segi agama, adat istiadat dan mata pencarian di dalam masyarakat dan menjaga keharmonisan berdasarkan Bhineka Tunggal Ika. Secara geografis Dusun Sumberwatu terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Masyarakat memiliki nilai-nilai solidaritas dan gotong royong yang tinggi. Oleh karenanya kehidupan selalu harmonis. Masyarakat khususnya masyarakat Dusun Sumberwatu, memiliki interaksi yang kuat dan kerukunan yang harus di jaga di dalam bermasyarakat. Dengan adanya kedua hal tersebut maka akan terjalin kehidupan yang harmonis dan damai bagi masyarakat Dusun Sumberwatu. Dalam menjaga interaksi di masyarakat, baik dari Pedukuhan atau dari RT memiliki kegiatan yang selalu menjaga interaksi tetap terjadi. Dengan adanya kumpulan rutinan dan kerja sama antar warga membuat masyarakat selalu menjalin interaksi, baik secara agama ataupun secara mesyarakat. Dari kerukunan beragama, masyarakat menjaga kerukunan agar tetap terjaga. Adanya kerukunan membuat masyarakatnya dapat hidup nyaman dan damai. Untuk menjaga kerukunan beragama masyarakat Dusun Sumberwatu mempunyai beberapa hal yang tetap ada, yaitu adanya gotong royong serta kerja sama dan saling menghargai sesama penganut agama yang melibatkan warga dengan cara tidak saling menganggu penganut agama lain, semua sama. Hal ini tujuannya untuk tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam bermasyarakat dan menjalankan agama. Peneliti menemukan bahwa terjaganya interaksi dan kerukunan di Dusun Sumberwatu karena adanya sikap toleransi yang tinggi antar sesama dan juga komunikasi yang lancar serta kerja sama dan gotongroyong yang mendukung dalam menjalin kehidupan yang damai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Masroer S. Ag, M. Si
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial masyarakat,islam dan hindu, kerukunan beragama
Subjects: Sosiologi Agama
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Aug 2015 09:44
Last Modified: 19 Aug 2015 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum