KEBIJAKAN BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DAN POLRI DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN NARKOBA DI YOGYAKARTA

NABILA EMY MAYASARI, NIM. 11340064 (2015) KEBIJAKAN BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DAN POLRI DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN NARKOBA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DAN POLRI DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN NARKOBA DI YOGYAKARTA)
11340064_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) DAN POLRI DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN NARKOBA DI YOGYAKARTA)
11340064_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NAPZA (Narkoba, Psikotropika, dan Zat Adiktif) atau biasa disebut Narkoba, salah satu kata yang selalu didengar dari berbagai media massa dan mampu membuat gelisah para orang tua. Apalagi yang terkena narkoba tersebut pada siswa yang akan mempengaruhi belajarnya, bahkan merusak moral dan mentalnya. Pengaruh narkoba sanggat luar biasa buruknya, selain merusak moral dan mental, juga merusak kesehatan dan menghancurkan ekonomi keluarga. Dalam sebuah contoh berita kasus penyalahgunaan narkoba di Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 2013 melonjak 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kasus tertinggi merupakan penyalahgunaan narkotika yang mencapai 189 kasus. Dengan masalah seperti tersebut dibutuhkan kebijakan pencegahan yang berguna untuk menghilangkan tingkat terjadinya narkoba. Seperti BNN dan polri yang berperan penting dalam pencegahan yang terjadi dimasyarakat, dan bagaimana hasil yang didapat dalam upaya dari kebijakan pencegahan itu sendiri telah dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan mewawancarai BNNP dan petugas polisi agar dapat mengetahui upaya yang dilakukan oleh BNNP dan polisi dalam pencegahan dan penanggulangan narkoba, dengan sifat deskriptif analitik bertujuan memecahakan fakta yang ada di masyarakat. Hal ini berpaku oleh sumber-sumber data undang-undang 35 tahun 2009, undang-undang 5 tahun 1997, peraturan yang berlaku dan buku-buku yang mengenai penelitian ini. Dan yang terakhir dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan menganalisi data secara kualitatif yang menjelaskan data-data yang didapat. Hal ini bisa dilihat pada upaya yang telah dilakukan oleh BNNP Yogyakarta dalam pencegahan narkoba yaitu pendidikan, penerangan, dan penyuluhan, sedangkan dalam upaya penanggulangannya yaitu razia, dan rehabilitasi. Upaya pencegahan narkoba oleh BNNP Yogyakarta sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sedangkan peraturan-peraturan yang lain merupakan pelengkap dari Undang-Undang Narkotika dan tidak ada tumpang antar Undang-Undang. Upaya yang dilakukan Polri adalah upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba oleh Polri khususnya Polda DIY sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika, dan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. KH. MAKHRUS MUNAJAT, S.H., M.Hum 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Narkoba, Pencegahan, BNN, Polri
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Aug 2015 10:17
Last Modified: 19 Aug 2015 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum