IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

TRI MULYANINGSIH, NIM. 11470159 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11470159_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11470159_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (778kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, dan (2) kendalakendala yang dihadapi dalam implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Milles Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Implementasi pendekatan saintifik di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII dengan tahap-tahapan pada pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, mencoba, menalar dan membentuk jejaring sudah berjalan denganbaik. Adapun kendala yang dialami ketika menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah (1) siswa mengantuk dalam pembelajaran, (2) siswa lelah dalam pembelajaran, (3) waktu yang terlalu singkat untuk menerapkan tahapan-tahapan pendekatan saintifik, (4) siswa merasa malu, dan (5) persiapan pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) memotivasi siswa dengan bercerita, 3) ceramah hanya pembuka, (4) memberikan tugas untuk disimpulkan, (5) selalu memberikan tugas untuk ditanya dan bertanya, dan (6) melibatkan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali,
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, PAI dan Budi Pekerti, SMP IT Abu Bakar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2015 10:46
Last Modified: 19 Aug 2015 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum