IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD N JETIS I SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PUJI WURI ISTANTI, NIM. 11470141 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD N JETIS I SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD N JETIS I SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11470141_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD N JETIS I SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11470141_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB)

Abstract

Kebijakan penerapan kurikulum di Indonesia dianggap sebagai penentu keberhasilan pendidikan, oleh karena itu Indonesia mengalami beberapa kali pergantian kurikulum. Kurikulum selalu memerlukan pengembangan baru sesuai dengan perkembangan masyarakat. Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang dilaksanakan secara bertahap pada satuan pendidikan mulai tahun ajaran baru 2013/2014, namun kesiapan guru sebagai kunci keberhasilan implementasi kurikulum ini masih mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan dan problem pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 khususnya mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD N Jetis I Saptosari Gunungkidul yang merupakan salah satu pilot project Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif analitik melalui tiga tahap yaitu Data Reduction, Data display (Penyajian Data) dan Conclution drawing /verivication (menarik kesimpulan dan memverivikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N Jetis I Saptosari menyambut baik konsep Kurikulum 2013 yang dilaksanakan sejak tahun ajaran 2013/2014. Konsep pembelajaran Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan konsep Kuriklum 2013 yang diatur oleh pemerintah. Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti telah dilaksanakan berdasarkan konsep Kurikulum 2013. Guru PAI dan Budi pekerti sudah menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dengan media pembelajaran yang terbatas. Terdapat tiga problem utama dalam implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD N Jetis I Saptosari Gunungkidul. Problem tersebut berasal dari sumber belajar, sarana prasarana dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Problem, Implementasi Kurikulum 2013, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2015 11:10
Last Modified: 19 Aug 2015 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum