PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK-HAK PENGGUNA PROVIDER SELULER DI YOGYAKARTA ( STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA)

LAKSAMANA DIAN ARIAWAN, NIM. 11340117 (2015) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK-HAK PENGGUNA PROVIDER SELULER DI YOGYAKARTA ( STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK-HAK PENGGUNA PROVIDER SELULER DI YOGYAKARTA ( STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA))
11340117_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP HAK-HAK PENGGUNA PROVIDER SELULER DI YOGYAKARTA ( STUDI KASUS DI LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA))
11340117_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi kebutuhan akan komunikasi sangatlah penting antar sesama manusia, untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentunya diperlukan jaringan provider seluler yang cepat dan stabil. Banyakprovider seluler yang menawarkan produknya sesuai dengan kriteria tersebut yaitu cepat, stabil, serta dengan harga yang terjangkau. Namun pada kenyataannya tidaklah sesuai dengan apa yang diiklankan tersebut.Hal ini disebabkan karena pelaku usaha lebih memilih mencari keuntungan semata tanpa memperhatikan hak-hak konsumen. Pada akhirnya pengguna /konsumen yang terkena imbasnya dan merasa dirugikan.Hal tersebut terjadi disebabkan kedudukan konsumen yang rendah dibandingkan penyedia provider/pelaku usaha serta pendidikan yang kurang mengenai hak-haknya tersebut. Pengguna/konsumenpun enggan untuk melaporkan masalah terebut dikarenakan beberapa faktor seperti ribetnya proses hukum, kerugian yang dialami oleh konsumen tidak begitu besar. Ini menjadi permasalahan terkait hak dan kewajiban konsumen juga menjadi kendala didalam pelaksanaan perlindungan konsumen. Maka dari itu, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sebagai langkah untuk menjadi penyeimbang antara pelaku usaha dengan konsumendan untuk mewujudkan perlindungan bagi konsumen, serta mengizinkan lembaga konsumen swadaya masyarakat untuk memiliki kesempatan untuk berperan aktif dalam mewujudkan perlindungan konsumen.Lembaga konsumen swadaya masyarakat diberi wewenang oleh pemerintah untuk membantu konsumen memperjuangkan haknya tersebut sesuai dengan yang tertuang didalam pasal 44 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Dari permasalahan tersebut penyusun tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait permasalahan yang terjadi tersebut. Adapun metode penelitian yang penyusun gunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan metode deskriptif analitis. Metode deskriptif analitis diperoleh melalui data-data yang bersumber pada hasil observasi, hasil wawancara, telaah pustaka, serta sumber-sumber lain yang mendukung. Penelitian lapangan (field research) dengan mencari sumber data-data langsung dari lapangan yaitu Lembaga Konsumen Yogyakarta melalui pengumpulan data dan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian dari permasalahan di atas diantaranya adalah bentuk pelaksanaan perlindungan konsumen yang diberikan Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) terhadap pengguna provider seluler yang masih belum sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen karena terdapat kekurangan-kekurangan terutama dalam menyebarkan informasi dalam rangka meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban dan kehati-hatian konsumen dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Hal ini dapat terlihat dengan sedikitnya aduan yang diadukan oleh konsumen kepada Lembaga Konsumen Yogyakarta karena kurangnya informasi serta rendahnya pendidikan konsumen terhadap hak-haknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. MISBAHUL MUJIB, S.Ag., M.Hum. 2. FAISAL LUQMAN HAKIM,S.H.,M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:24
Last Modified: 20 Aug 2015 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum