ANALISIS YURIDIS TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGI PEKERJA DI PABRIK KULIT FAJAR MAKMUR PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

EKKA SEPTIAWANTI, NIM. 11340119 (2015) ANALISIS YURIDIS TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGI PEKERJA DI PABRIK KULIT FAJAR MAKMUR PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS YURIDIS TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGI PEKERJA DI PABRIK KULIT FAJAR MAKMUR PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
11340119_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS YURIDIS TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BAGI PEKERJA DI PABRIK KULIT FAJAR MAKMUR PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
11340119_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)

Abstract

Tenaga kerja adalah salah satu faktor yang sangat penting di dalam suatu pembangunan. Permasalahan tenaga kerja diantaranya adalah kesenjangan antara perusahaan dan tenaga kerjanya. Meskipun sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja namun hak-hak pekerja belum sepenuhnya dilaksanakan. Hasil pra surveydi Pabrik Kulit Fajar Makmur ditemukan kejanggalan-kejanggalan yang dilakukan baik oleh pekerja maupun oleh pihak pabrik dalam menjaga hak-hak keselamatan dan kesehatan kerja, di antaranya aktifitas kerja tidak menggunakan pengamanan diri, sedangkan aktifitas pekerja banyak berhubungan dengan mesin-mesin dan zat-zat kimia. Berdasarkan permasalahan tersebut penyusun tertarik untuk mengkaji lebih dalam terkait permasalahan yang dialami pekerja di Pabrik Kulit Fajar Makmur tersebut Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian menggunakan dasardasar perundang-undangan yang berlaku di Indonesia serta pendekatan yang dilakukan dengan melihat bagaimana hukum yang ada dalam Undang-Undang diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara langsung kepada nara sumber serta dengan dokumentasi terhadap data-data yang berkaitan Pabrik Kulit Fajar Makmur. Di Pabrik Kulit Fajar Makmur dalam memberikan perlindungan hukum keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini di buktikan bahwa di Pabrik Kulit Fajar Makmur tidak ada pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), tidak ada poster atau gambar mengenai keselamatan dan kesehatan kerja dan tidak ada medical check up secara rutin serta belum memenuhi standar yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Tenagakerja, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1045/MENKES/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri. Dalam pelaksanaan perlindungan hukum keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja di Pabrik Kulit Fajar Makmur ditemui beberapa kendala, beberapa kendala tersebut adalah masih lemahya kesadaran pekerja dan pihak pabrik mengenai manfaat pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja serta manfaat alat pelindung diri, kurangnya biaya untuk pemberian jaminan sosial tenaga kerja, medical check up secara rutin dan pembangunan pabrik yang memenuhi standar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. LINDRA DARNELA, S.Ag., M.Hum. 2. M. MISBAHUL MUJIB, S.Ag., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 09:29
Last Modified: 20 Aug 2015 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum