STRATEGI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MANGGARAI BARAT DALAM PELAYANAN PUBLIK

EDI RAHMAT D. W. PUTRA, NIM. 11340164 (2015) STRATEGI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MANGGARAI BARAT DALAM PELAYANAN PUBLIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MANGGARAI BARAT DALAM PELAYANAN PUBLIK)
11340164_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MANGGARAI BARAT DALAM PELAYANAN PUBLIK)
11340164_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan hak dasar yang di miliki oleh setiap orang, sehingga membutuhkan jaminan pelayanan yang baik dan layak. Pemberian pelayanan kesehatan yang baik tersebut merupakan kewajiban utama pemerintah. Asas-asas dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Prinsip-Prinsip Good Governance menjadi dasar utama terwujudnya pelayanan yang maksimal. Dalam mengkaji dan menganalisis strategi dalam penerapan pelayanan publik, Penulis memilih Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat sebagai obyek penelitian. Berdasarkan beberapa data awal yang ditemukan, diajukan pokok masalah, bagaimana strategi Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dalam pelayanan publik dan bagaimana kendala-kendala yang dihadapi dalam pelayanan publik. Untuk menjawab pertanyaan di atas, Penulis melakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu jenis penelitian field research atau penelitian lapangan dengan narasumber Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Kepala Seksi Perencanaan, Pendayagunaan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dan Tenaga Kesehatan di Puskesmas. Penyusun menggunakan pendekatan secara yuridis normatif, serta menggunakan metode wawancara dalam mengumpulkan data. Metode wawancara digunakan dalam menganalisis strategi Dinas Kesehatan dalam pelayanan publik. Jenis data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa strategi yang diterapkan Dinas Kesehatan Manggarai Barat dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik, di antaranya: melaksanakan pelayanan sesuai dengan SPM yang dikeluarkan oleh Menkes RI, membentuk Badan Pertimbangan Kesehatan Daerah, bekerjasama dengan LSM pemerhati kesehatan dan meminta bantuan para Donatur, reformasi Puskesmas, UKBM, dan Monev. Kendala yang dialami Dinas Kesehatan adalah kurangnya akses informasi dan teknologi, pendapatan per kapita yang masih rendah, tingkat pendidikan juga masih rendah, tidak berjalannya survey indeks kepuasan, kurangya tenaga kesehatan, dan sarana transportasi untuk daerah pedalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelayanan Publik, Good Governance
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 13:34
Last Modified: 20 Aug 2015 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum