PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP COST OF DEB, DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE 2008-2013)

PARSIMAN, NIM. 08390006 (2015) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP COST OF DEB, DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE 2008-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP COST OF DEB, DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE 2008-2013))
08390006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP COST OF DEB, DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE 2008-2013))
08390006_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)

Abstract

Setiap perusahaan termasuk perusahaan pertambangan membutuhkan pendanaan guna memperlancar aktifitas perusahaan dalam kegitan operasionalnya. Ketika perusahaan membutuhkan tambahan dana untuk perluasan bisnis operasional, perusahaan mempunyai pilihan untuk menerbitkan hutang. Dalam perolehan hutang perusahaan membutuhkan biaya, sehingga akan timbul biaya hutang (cost of debt). Setiap perusahaan tentunya tidak menghendaki cost • of debt yang tinggi karena biaya hutang yang tinggi akan menyebabkan keuntungan perusahaan berkurang. Untuk itulah maka diperlukan upaya agar cost of debt yang menjadi beban perusahaan tidak terlalu tinggi. Penelitian ini bertujuan pertama untuk menganalisis pengaruh variabel kepemilikan manajerial terhadap variabel cost of debt. Kedua untuk menganalisis pengaruh variabel konservatisme akuntansi terhadap variabel cost of debt dan ketiga untuk menganalisis variabel konservatisme akuntans memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial dan cost of debt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh manajerial kepemilikan terhadap cost of debt pada perusahaan pertambangan yang masuk di Daftar Efek Syariah (DES). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah daa tahunan untuk manajerial kepemilikan, konservatisme akuntansi, dan cost of debt perusahaan pertambangan di DES. Data yang digunakan dengan periode 2008-2013 dan di ambil dari Pojok Bursa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UGM, dan website BEI (www.idx.co.id) Jenis data dalam penelitian ini adalah data skunder berupa laporan keuangan perusahaan pertambangan dari tahun 2008-2013. Metode pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah purposive. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimabngan tertentu. Perusahaan yang memenuhi klasifikasi sampel dalam penelitian ini sebanyak 13 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 56. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap cost of debt. Konservatisma tidak berpengaruh positif signifikan terhadap cost of debt dan konservatisma dapat memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial terhadap cost of debt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. IBNU QIZAM, SE. Akt., M.Si. 2. DRS. SLAMET KHILMI, MSI
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pertambangan, Kepemilikan Manajerial dan cost of debt
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2015 13:52
Last Modified: 20 Aug 2015 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum