HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SARI WULAN, NIM. 11470090 (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470090_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
11470090_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sari Wulan, Hubungan antara Konsep Diri dengan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena mengenai kedisiplinan siswa yang belum sepenuhnya terbentuk karena masih adanya pelanggaran dalam mentaati tata tertib atau peraturan. Siswa MA tergolong dalam usia remaja. Bagi remaja melanggar peraturan adalah suatu kebanggaan. Hal tersebut diperkirakan karena konsep diri yang dimiliki siswa adalah konsep diri yang kurang baik atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kedisiplinan siswa, (2) tingkat konsep diri siswa, dan (3) hubunganantara konsep diri dengan kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta dengan responden sebanyak 99 siswa yang diambil dari siswa kelas XI. Pengambilan sampel dengan taknik random sampling, yaitu proporsional random sampling. Independen variabel dalam penelitian ini adalah konsep diri dengan subvariabel konsep diri positif dan konsep diri negatif. Sedangkan dependen variabelnya adalah kedisiplinan siswa dengan subvariabel peraturan, penghargaan, hukuman, dan konsistensi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket diujicobakan kepada 30 siswa di luar sampel tetapi masih dalam satu populasi. Data hasil instrumen kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Momentyang didahului prasarat uji startistik, yaitu uji normalitas dan linieritas dengan alat bantu SPSS 16(Statistical Package For Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kedisiplinan siswa dalam kategori disiplin dengan presentase 75,8%, dan tingkat konsep diri siswa dalam kategori baik dengan presentase72,7%. Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment diperoleh r-hitung = 0,587. Nilai r-hitung = 0,587 yang diperoleh lebih besar dari nilai r-tabel yaitu 0,587 > 0,202 (df = 99-2 = 97, karena pada r-tabel df 97 tidak ada maka penelitian ini menggunakan df 95 yang mendekati df 97 pada taraf signifikan 5%). Artinya,terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan kedisiplinan siswa. Hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan arah yang sama. Apabila konsep diri mengalami kenaikan, maka kedisiplinan siswa juga akan ikut naik. Begitu pula sebaliknya, jika konsep diri mengalami penurunan, maka kedisiplinan siswa juga akan ikut menurun. Hubungan antara kedua variabel tersebut termasuk hubungan yang positif sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kedisiplinan Siswa
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Aug 2015 17:34
Last Modified: 20 Aug 2015 17:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum