PENDIDIKAN KELUARGA DALAM Al-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 6 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

M FAISHAL HADI, NIM. 11470093 (2015) PENDIDIKAN KELUARGA DALAM Al-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 6 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
11470093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa keluarga pada masa kini sudah banyak yang tidak berperilaku sesuai dengan aturan agama, sehingga menyebabkan terjadinya perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, penelantaran dan hubungan buruk antara anak dengan orang tua, yang berakibat pada hilangnya nilai-nilai pendidikan dalam keluarga. Sehingga tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui pendidikan keluarga dalam surat at-Tahri>m ayat 6 menurut tafsir al- Mishbah karya M. Qurasih Shihab; (2) mengetahui relevansi pendidikan keluarga dalam surat at-Tahri>m ayat 6 menurut tafsir al-Mishbah dengan Tujuan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah : (1) pendidikan keluarga yang terkandung dalam surat at-Tahri>m ayat 6 dalam tafsir al-Mishbah yakni pendidikan yang menyangkut mengenai pemeliharaan keluarga dari api neraka, pendidikan yang harus ada dalam sebuah keluarga yakni adanya pemahaman tentang hak dan kewajiban suami, pemahaman tentang hak dan kewajiban istri, serta hak dan kewajiban anak terhadap orang tua; (2) adanya relevansi antara pendidikan keluarga dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu untuk mendapatkan keridhaan (kerelaan) dari Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sibawaihi, M.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Pendidikan Islam, Surat at-Tahrim Ayat 6
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Aug 2015 18:34
Last Modified: 20 Aug 2015 18:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum