DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS PADA PELAKU PERNIKAHAN DINI DI DUSUN NONGKOSAWIT, DESA KENTENGSARI, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG) SKRIPSI

SRI MURNI, NIM. 11540016 (2015) DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS PADA PELAKU PERNIKAHAN DINI DI DUSUN NONGKOSAWIT, DESA KENTENGSARI, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS PADA PELAKU PERNIKAHAN DINI DI DUSUN NONGKOSAWIT, DESA KENTENGSARI, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG) SKRIPSI)
11540016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS PADA PELAKU PERNIKAHAN DINI DI DUSUN NONGKOSAWIT, DESA KENTENGSARI, KECAMATAN CANDIROTO, KABUPATEN TEMANGGUNG) SKRIPSI)
11540016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (782kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini di awali ketertarikan penulis terhadap kasus korban pelaku pernikahan dini di Dusun Nongkosawit yang sering terjadi. Pernikahan dini disini adalah pernikahan yang dilakukan oleh anak-anak yang belum cukup umur 18 tahun, karena dalam berfikir belum matang. Sekripsi ini membahas tentang faktor-faktor pengarauh pernikahan dini dan bentu pelaku pernikah dini di Dusun Nongkosawit sebagai pelaku pernikahan dini di masyarakat dan perilaku dalam keagamaan. Kerangka teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah teori Max Weber tentang tindakan yang terintifikasi 4 (empat) yaitu rasionalitas saran-tujuan, rasionalitas nilai, tindakan afektual, dan tindakan tradisional untuk mengkaji perilaku Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang langsung di lakukan dari Desa Kentengsari. Adapun subyek penelitian adalah pelaku pernikahan dini di Dusun Nongkosawit. Analisis data yang di gunakan adalah deskriptif-analisis. .Hasil Penelitian yang diperoleh penulis dari data observasi dan wawancara. Setelah melakukan observasi dan wawancara penulis mengetahui sangat terbatasnya pengetahuan dan wawasan orang tua dan anak pelaku pernikahan dini karena sudah menjadi tradisi masyarakat secara umum. Selain itu juga ada faktor yang lain seperti paksaan dari orang tua dan kurang dalam pemahaan ajaran agama. Karena umumnya pelaku nikah dini pada tingkat pendidikan hanya tamatan SD dan SMP. Adapun dampak positif dan negatif dari pelaku nikah dini. Dapak positif yaitu menghindari zina dan pergaulan bebas sedangkan dapak negatif yaitu beban mental dan kesehatan reproduks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rr. Siti Kurni Widiastuti,S.Ag.,M.Pd.,M.A.
Uncontrolled Keywords: pernikahan dini, perilaku sosial keagamaan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Aug 2015 08:49
Last Modified: 21 Aug 2015 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum