RASIONALITAS DAN DISKRIMINASI GENDER TENAGA KERJA WANITA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI FEMINIS (STUDI ANALISIS MANTAN TKW DI DESA RATAWANGI BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS)

SITI KHOZAMAH, NIM. 11540033 (2015) RASIONALITAS DAN DISKRIMINASI GENDER TENAGA KERJA WANITA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI FEMINIS (STUDI ANALISIS MANTAN TKW DI DESA RATAWANGI BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS DAN DISKRIMINASI GENDER TENAGA KERJA WANITA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI FEMINIS (STUDI ANALISIS MANTAN TKW DI DESA RATAWANGI BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS))
11540033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS DAN DISKRIMINASI GENDER TENAGA KERJA WANITA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI FEMINIS (STUDI ANALISIS MANTAN TKW DI DESA RATAWANGI BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS))
11540033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rasioanlitas TKW tidak bisa terwujud ketika masih saja terdapat ketidakadilan/diskriminasi pada ranah kerjaannya. Diskriminasi dalam ranah perempuan menajadi faktor utama adanya kompleksitas permasalahan gender. Ketidakadilan gender dapat terjadi pada perempuan kapanpun dan dimanapun perempuan itu tinggal, termasuk juga pada ranah TKI/TKW. Ketidakadilan yang dialami TKW, menurut perspektif feminis marxis disebabkan karena struktur kelas yang relatif rendah. Muncul juga berbagai anggapan lain tentang penyebab atau akar terjadinya tindak diskriminasi para TKW jika dilihat dari perspektif feminis liberal, feminis radikal, feminis marxis, feminis Islami. Adapun untuk memulai penelitian, peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan sumber data primer hasil wawancara ibu-ibu atau perempuan di Desa Ratawangi Kecamatan Banajarsari Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang pernah bekerja menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di Malaysia. Adapun data sekunder yang digunakan adalah buku, jurnal, dokumen, dan sebagainya yang berkaitan dengan rasionalitas, gender dan feminis dalam kompleksitas kehidupan perempuan khususnya pada TKW. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kualitatif. Adapun pengumpulan data yang peneliti lakukan yakni melalui langkah-langkah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menganalisis secara mendalam. Terkait pada pengumpulan data, Jumlah informan yang peneliti gunakan dalam penelitian berjumlah tujuh orang perempuan. Harapan untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi di dalam masyarakat, yaitu merubah status sosial dan ekonomi yang lebih tinggi, mengategorikan informan ke dalam empat bentuk rasionalitas. Yakni, rasionalitas praktis, rasionalitas teoritis, rasionalitas substantif, rasionalitas formal. Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri juga tidak semuanya berhasil dan sebagian kecil dari mereka mengalami permasalahan baik mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari majikan maupun mengalami permasalahan yang disebabkan karena budaya patriarki. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: bentuk-bentuk rasionalitas TKW Malaysia. Kemudian, mengetahui bentuk diskriminasi gender yang dialami TKW serta menganalisis akar diskiminasi melalui perspektif feminis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, M.Hum.,MA
Uncontrolled Keywords: diskriminasi gender, tenaga kerja wanita
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Aug 2015 09:19
Last Modified: 21 Aug 2015 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum