PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN GURU DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

SYARIFUDIN, NIM. 11470110 (2015) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN GURU DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan figur yang memiliki peran besar atas terselenggaranya program dan kegiatan madrasah. Dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin, kepala MAN Wonosari dihadapkan pada masalah kurang optimalnya kedisiplinan yang dijalankan para guru. Hal ini disebabkan karena tugas guru yang tidak hanya sebagai seorang pendidik, selain itu juga kurangnya motivasi yang dimiliki mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru, peran kepala madrasah sebagai motivator dalam membina kedisiplinan guru serta faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah sebagai motivator dalam membina kedisiplinan guru di MAN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi,serta teknik analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kedisiplinan guru-guru di MAN Wonosari sudah dijalankan dengan baik. Hal ini dilihat dari aspek kedisiplinan waktu, menegakkan aturan, sikap dan disiplin dalam beribadah. Peran kepala madrasah sebagai motivator dilakukan dengan menjadi teladan yang baik, sosialisasi peraturan secara terus menerus, pendekatan personil, memberikan contoh di luar institusi, memberikan rasa aman dan nyaman, serta memberikan penghargaan (rewards).Adapun faktor pendukung peran kepala madrasah sebagai motivator dalam membina kedisiplinan guruadalah adanya CCTV, aturan madrasah maupun Kemenag,dan tempat tinggal guru yang dekat dengan madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kontrol yang kurang baik dari bawahan, adanya guru yang sulit merubah diri, dan masih ada guru yang tidak mau menindaklanjuti tugas-tugas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepala madrasah, motivator, kedisiplinan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Aug 2015 18:51
Last Modified: 21 Aug 2015 18:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum