SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM LERENG MERAPI PASKA ERUPSI 2010 (STUDI POLA KEHIDUPAN MASYARAKAT HUNIAN TETAP DONGKELSARI KECAMATAN CANGKRINGAN)

NOVA RIZKI ENJELA, NIM. 11540062 (2015) SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM LERENG MERAPI PASKA ERUPSI 2010 (STUDI POLA KEHIDUPAN MASYARAKAT HUNIAN TETAP DONGKELSARI KECAMATAN CANGKRINGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM LERENG MERAPI PASKA ERUPSI 2010 (STUDI POLA KEHIDUPAN MASYARAKAT HUNIAN TETAP DONGKELSARI KECAMATAN CANGKRINGAN))
11540062_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM LERENG MERAPI PASKA ERUPSI 2010 (STUDI POLA KEHIDUPAN MASYARAKAT HUNIAN TETAP DONGKELSARI KECAMATAN CANGKRINGAN))
11540062_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bencana Erupsi yang terjadi pada tahun 2010 yang telah memaksa warga yang bertempat tinggal disekitar lereng merapi untuk berpindah tempat tinggal karena tempat tinggal mereka diterjang oleh amukan awan panas yang telah memporakporandakan dusun yang berada disekitar lereng gunung yang dilewati oleh awan panas. Dusun Gungan hanyalah salah satu dari sekian banyak dusun yang harus direlokasi oleh pemerintah ke hunian tetap yang berukuran 6x6 m. Rumah satu dengan rumah lainnya hanya berjarak 2 meter atau bahkan kurang dari dua meter, jauh berbeda dengan kondisi rumah mereka pada saat tinggal di Dusun Gungan dulu. Untuk menganalisis data yang sudah diperoleh, penulis menggunakan teorinya Ferdinand Tonnies tentang Gameinschaft dan Gesellschaft. Ferdinand Tonnies mengungkapkan bahwa hubungan-hubungan positif antara manusia selalu bersifat Gameinschaft atau Gesellschaft. Selain menggunakan teori Ferdinand Tonnies penulis juga menggunakan teori dari Edward T. Hall bahwa penggunaan ruang berhubungan erat dengan kemampuan bergaul dengan sesama dan penentuan keakraban antara diri dan orang lain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya bencana erupsi 2010 membuat masyarakat Huntap Dongkelsari semakin guyub dan semakin menjunjung tinggi solidaritas sosial dalam masyarakat untuk membangun kembali dusun mereka dan semakin mempererat hubungan warga karena mereka merasa senasib sepenanggungan. Penggunaan ruang juga berhubungan erat dengan kemampuan bergaul dengan sesama dan penentuan keakraban antara diri dan orang lain. Proxymity menentukan bagaimana seseorang secara sadar terlibat dalam struktur ruang atau jarak fisik antara manusia sebagai sesuatu keteraturan sebagai keteraturan pergaulan setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad , S.S. M.Si.
Uncontrolled Keywords: solidaritas sosial masyarakat, warga lereng merapi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Aug 2015 09:20
Last Modified: 24 Aug 2015 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum