HUBUNGAN SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN (STUDI ATAS HUBUNGAN SOSIAL SANTRIWATI DAN DAMPAKNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA)

CHABIB LUDFIANSYAH, NIM. 11540068 (2015) HUBUNGAN SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN (STUDI ATAS HUBUNGAN SOSIAL SANTRIWATI DAN DAMPAKNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN (STUDI ATAS HUBUNGAN SOSIAL SANTRIWATI DAN DAMPAKNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA))
11540068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN (STUDI ATAS HUBUNGAN SOSIAL SANTRIWATI DAN DAMPAKNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA))
11540068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (751kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Hubungan Sosial Santriwati di Pondok Modern Muhammadiyah di Yogyakarta merupakan skripsi yang membahas tentang hubungan sosial santriwati di pondok pesantren modern. Hubungan sosial ini dapat dilihat dari peran ustadzah sebagai pengasuh pondok dalam pembinaan santri, seperti kajian rutin, tahfidz, dan kegiatan sehari-hari. Peran ini berbeda dengan pondok tradisional yang melihat kiai sebagai figur atau sosok yang utama dalam pembinaan santri. Sosok ustadzah sebagai garda terdepan dalam pengasuhan santri di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah ini yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah adalah suatu Lembaga Islam yang baru dan berfungsi untuk mendidik generasi muda yang sadar akan nilai-nilai Islam dan tidak meninggalkan ilmu-ilmu umum sebagai bekal di masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan Islam yang bernafaskan Islam berusaha mecentak sesuai dengan t j n d ri pondok d l h “Terbent kny lemb g pendidik n berk lit d l m membentuk kader Muhammadiyah berlandaskan Al-Quran dan As-S nn h”. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sosial di pondok pesantren yang ber-notabene pendidikan modern dengan subjek penelitian adalah santriwati di pondok tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus atau field work yang bersifat kualitatif. Penelitian ini melihat kata-kata, tingkah laku, simbol-simbol atau lisan dari orang ataupun perilaku yang dapat diamati. Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan snow ball sample yakni berusaha mencari informasi dari tokoh yang paling tinggi kekuasaanya kemudian dilanjutkan kepada bawahannya sebagai pelaku utama dalam kejadian tersebut. Hasil dari penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan tentang hubungan sosial santri dengan masyarakat pondok dan melihat dampak sosial dari hubungan sosial tersebut. Hubungan sosial di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah di Yogyakarta ini dapat dilihat dari bentuk interaksi sosial santriwati dengan ustadzah, pengasuh pondok dan masyarakat umum. Interaksi sosial di Pondok Pesantren modern ini dapat dilihat dari bentuk aktivitas, simbol-simbol, dan perilaku masyarakat pondok. Berawal dari aktivitas, simbol-simbol dan perilaku inilah terbentuk interaksi-simbolik, pemahaman, kesadaran santri. Selain melihat hubungan sosial santri di pondok pesantren modern, peneliitian ini juga mengungkapakan dampak dari hubungan sosial tersebut. Berdasarkan pengamatan di lapangan peneliti menemukan dampak berupa konflik di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehada, S.Sos., M. Hum,
Uncontrolled Keywords: Santri-Hubungan Sosial-Dampak Hubungan Sosial
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Aug 2015 10:26
Last Modified: 24 Aug 2015 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17067

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum