STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MELALUI OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA

NURIYANTI, NIM. 11470135 (2015) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MELALUI OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MELALUI OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA)
11470135_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MELALUI OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA)
11470135_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan media Perpustakaan. Guru Aqidah Akhlak dalam hal ini, memiliki peranan untuk menggunakan perpustakaan sebagai media pembelajaran supaya peserta didik mampu menambah wawasan dengan membaca buku pengetahuan umum yang berkaitan dengan materi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa Fungsi Perpustakaan di MTs N Gondowulung, Strategi apa yang digunakan Guru Aqidah Akhlak dalam Pembelajaran melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan di Kelas VIII, Faktor Pendorong dan Penghambat yang dihadapai Guru Aqidah Akhlak dalam menggunakan Perpustakaan sebagai Media Pembelajaran serta hasil yang didapatkan setelah Guru Aqidah Akhlak menggunakan Perpustakaan sebagai Media Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui Fungsi Perpustakaan. 2. Mengetahui Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan. 3. Mengetahui apa yang menjadi faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan. 4. Mengetahui hasil yang dicapai dari Strategi Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak melalui Optimalisasi Fungsi Perpustakaan. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunkana metode triangulasi. Analisis data dilakukan dengan on going processes dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, disajikan dan ditarik kesimpulan. Pada peneltian ini pendekatan yang digunakan yaitu penekatan dengan Study Kasus, dimana penelitian diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus yang sedang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Bahwa Strategi Guru dalam Pembelajaran sangat diperlukan guna menjadikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat menerima materi dengan baik. 2. Dalam melakukan pembelajaran di kelas VIII Guru Aqidah Akhlak menggunakan Perpustakaan sebagai Media Pembelajaran dengan cara memberikan tugas kepada peserta didik, dimana peserta didik dapat mendapatkan jawaban pada buku yang berada di perpustakaan. 3. Tidak semua materi aqidah akhlak dapat menggunakan perpustakaan sebagai media pembelajaran, dikarenakan adanya kendala yang dihadapi seperti waktu yang terbatas. 4. Nilai yang didapatkan memenuhi KKM yaitu 75, dan setelah guru melakukan strategi pembelajaran dengan menggunakan perpustakaan sebagai media pembelajara, peserta didik semakin termotifasi untuk rajin membaca buku dan meminjam buku di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Setrategi Guru, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perpust
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Aug 2015 14:08
Last Modified: 25 Aug 2015 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17072

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum