QASIDAH AL 'ILM WA AL TA'LIM WA WAJIB AL MU'ALLLIM LI AHMAD SHAWQI (DIRASAH TAHLILIYYAH LI TABAQAT AL QAWA'ID AL BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN)

NUR AISYAH, NIM. 11110133 (2015) QASIDAH AL 'ILM WA AL TA'LIM WA WAJIB AL MU'ALLLIM LI AHMAD SHAWQI (DIRASAH TAHLILIYYAH LI TABAQAT AL QAWA'ID AL BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (QASIDAH AL 'ILM WA AL TA'LIM WA WAJIB AL MU'ALLLIM LI AHMAD SHAWQI (DIRASAH TAHLILIYYAH LI TABAQAT AL QAWA'ID AL BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN))
BAB I, III, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (QASIDAH AL 'ILM WA AL TA'LIM WA WAJIB AL MU'ALLLIM LI AHMAD SHAWQI (DIRASAH TAHLILIYYAH LI TABAQAT AL QAWA'ID AL BUNYAWIYAH LI ROMAN INGARDEN))
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Qasidah al-‘Ilmu wa at-Ta’lim wa Wajibu al-Mu’allim adalah salah satu puisi karya sastra penyair terkenal dari Mesir Ahmad Syauqi. Qasidah ini merupakan salah satu tema dari tiga tipologi pemikiran Ahmad Syauqiyang bernilai pendidikan, qaisidah ini memiliki sebuah struktur yang kompleks dengan keindahan pada lafad, gaya bahasa serta makna yang dalam sehingga untuk memahaminya secara penuh membutuhkan sebuah analisis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap struktur dan unsur-unsur yang terdapat dalam teks qasidah sehingga menghasilkan makna yang dapat dipahami sebagai sebuah satuan yang utuh dengan hubungan antar unsur-unsur tersebut Untuk menjawab permasalahan tersebut, digunakan teori struktural strata norma Roman Ingarden untuk memahami struktur dan unsur-unsur yang terdapat pada qaisidah dengan mengungkap lapis-lapis norma di dalamnya. Sehingga, qasidah ini dapat dipahami dengan sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi ini (1) lapis bunyi, menggunakan bahar kamil dengan qafiyah berbunyi huruf lam ditiap akhir baitnya, (2) lapis arti, makna puisi ini sendiri mengandung pesan bagi guru untuk memperhatikan peran dan fungsinya sebagai pengajar dan pendidik bagi muridnya karena ditangan guru kemajuan dan kemunduran suatu negara,(3) lapis objek, objek-objek yang terdapat dalam qasidah ini adalah guru, murid, Dunlop, Khufu,dan Socrates, dan orang tua sedangkan latar tempat adalah Mesir, tempat yang tandus dan latar waktu yaitu waktu lampau pada masa kehidupan penyair, (4) lapis dunia, gambaran kesedihan, kesenangan, dan kekecewaan, yang terungkap dari bait-bait qasidah, (5) terakhir lapis metafisik atau renungan dari qasidah ini dapat disimpulkan bahwa qasidah ini mengandung tentang filsafat pendidikan. Kata kunci: Qasidah, al-Muallim, strata norma, Roman Ingarden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA
Uncontrolled Keywords: Qasidah, al-Muallim, strata norma, Roman Ingarden.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Aug 2015 08:09
Last Modified: 26 Aug 2015 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum