PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI POKOK PERUBAHAN ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS

HENDRA BUDI GUNAWAN, NIM.11670018 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI POKOK PERUBAHAN ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI POKOK PERUBAHAN ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI POKOK PERUBAHAN ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research dan Development). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis website pada Materi Pokok Perubahan Zat, yang sesuai dengan kriteria kualitas media pembelajaran yang baik, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran IPA berbasis website yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian peer reviewer, dosen ahli materi dan media, dan guru IPA SMP/MTs di Yogyakarta, (3) mengetahui respon peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta terhadap media pembelajaran IPA berbasis website yang dikembangkan. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Disseminate) menjadi model 3-D (Define, Design, Development). Media pembelajaran IPA berbasis website yang dikembangkan dinilai oleh tiga orang peer reviewer, satu dosen ahli materi dan media, dan lima guru IPA, serta direspon oleh 15 peserta didik SMP Negeri 12 Yogyakarta. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar skala yang berbentuk daftar cek (check list). Hasil penilaian kualitas dan respon berupa data kualitatif, kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian pengembangan ini berupa website IPA yang dapat diakses secara offline (disimpan dalam bentuk CD) dan online (dapat diakses melalui laman www.sains-smp.com). Hasil penilaian tiga orang peer reviewer memperoleh persentase keidealan sebesar 83,87%, penilaian satu dosen ahli materi dan media, serta lima guru IPA SMP/MTs memperoleh persentase keidealan sebesar 100%, sedangkan respon peserta didik memperoleh persentase keidealan sebesar 97,22%. Berdasarkan penilaian tersebut, maka media pembelajaran IPA berbasis website yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik. Kata kunci: media pembelajaran, wesbite, perubahan zat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, wesbite, perubahan zat
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:24
Last Modified: 27 Aug 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum