IMAMAH, NIM. 11670052 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC-AUDITORYVISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DASAR KIMIA DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SEMESTER GENAP)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran SAVI serta variabel terikat berupa pemahaman konsep dasar kimia dan self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, terpilih kelas X D sebagai kelas kontrol dan kelas X F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ujian berupa soal pretest-posttest dan nonujian berupa skala self-efficacy serta dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan nilai N-Gain. Analisis data menggunakan Independent Sampel Test dan Mann Whitney U sesuai dengan karakteristik data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia dengan model SAVI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Auditory-Intellectual-Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep dasar kimia dengan tingkat keefektivan sedang yang ditunjukkan dari nilai N-Gain 0,6099 pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh hasil Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,017 < α 0,05, (2) Pembelajaran kimia dengan model SAVI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Auditory-Intellectual-Repetition (AIR) terhadap self-efficacy siswa dengan tingkat keefektivan rendah yang ditunjukkan dari nilai N-Gain 0,230 pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh hasil Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,024 < α 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran SAVI, pemahaman konsep dasar kimia, selfefficacy, N-Gain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran SAVI, pemahaman konsep dasar kimia, selfefficacy, N-Gain. |
Subjects: | Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 08:27 |
Last Modified: | 27 Aug 2015 08:27 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17098 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |